Hingga Tahun Baru Stok Pangan Kobar Masih Aman

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Diperindagkop) Kotawaringin Barat (Kobar) Alfan Khusnaini memastikan bahwa stok pangan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) aman untuk jangka waktu tiga bulan ke depan. Kepastian kecukupan stok ini untuk mengatasi potensi kekurangan stok saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Tidak hanya itu, akhir-akhir ini Kalimantan Tengah banyak terjadi bencana, salah satunya banjir. Mungkin nantinya akan memengaruhi stok pangan, karena nanti pergerakan pangan akan difokuskan pada saudara kita yang terkena banjir,” kata Alfan Khusnaini.

Alfan menambahkan bahwa beberapa upaya yang akan dilakukan Pemkab Kobar melalui Disperindagkop adalah menjaga kestabilan harga barang pokok di Natal dan Tahun Baru. Salah satunya melalui pasar murah yang akan digelar di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Pangkalan Lada dan Arut Utara.

“Untuk pemantauan harga barang pokok akan dilakukan setiap hari. Ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga kestabilan harga barang pokok di pasaran,” terang Alfan.

Menurutnya Disperindagkop Kobar juga akan melakukan pengawasan terhadap stok pangan di gudang distributor besar yang ada di Kobar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terkait terjadinya penimbunan.

“Upaya lainnya demi menjaga kestabilan harga barang pokok, Pemkab Kobar juga menggalakkan gerakan pangan lokal karena pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Hal ini berpengaruh terhadap stok barang yang dijual di pasaran,” pungkasnya. (sla)

Pos terkait