Ini Alasan Email Kantor Nggak Boleh Dipakai Urusan Pribadi

Ini Alasannya kenapa Email Kantor Nggak Boleh Dipakai Urusan Pribadi
Ilustrasi

Tak dipungkiri, ada beberapa orang yang menggunakan email kantor untuk mendaftar di jejaring sosial, layanan online, dan hal pribadi lainnya. Tapi tak banyak yang tahu atau bahkan menyadari, ternyata ada bahaya yang mengintai dibalik penggunaan email kantor untuk keperluan pribadi.

Tak banyak yang tahu atau bahkan menyadari, ternyata ada bahaya yang mengintai dibalik penggunaan email kantor untuk keperluan pribadi. Mulai dari ketidakseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan (work-life imbalance) hingga pelanggaran privasi, hilangnya akses ke layanan jika terjadi pemutusan hubungan kerja, dan masih banyak lagi alasan untuk tidak mencampur email bisnis dengan email pribadi.

“Faktanya, pertimbangan utama mengapa seorang karyawan tidak boleh menggunakan email kantor untuk kepentingan pribadi adalah untuk keamanan informasi,” Komentar Roman Dedenok Pakar Keamanan di Kaspersky.

Selain itu, perusahaan riset dan keamanan siber itu juga menjelaskan bahwa penggunaan email kantor untuk keperluan pribadi membuat upaya profiling lebih mudah.

Sebelum mengirim email phishing ke karyawan tertentu, para pelaku kejahatan siber akan mengumpulkan informasi secara online, menggunakan alat tertentu untuk mempelajari alamat email mana yang digunakan seseorang di jejaring sosial, platform online, dan sebagainya. Menggunakan email perusahaan untuk tujuan pribadi akan membuat para pelaku kejahatan siber lebih mudah dalam menemukan potret sosial Anda. Sehingga membuat diri lebih rentan terhadap spear-phishing pada tahap pertama serangan yang menargetkan perusahaan.

Baca Juga :  Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

Selain itu, hal yang kerap dianggap sepele ini juga akan memberikan celah untuk melakukan spear-phishing.
Sebab, para pelaku kejahatan siber memilih trik yang menurut mereka paling baik untuk menjerat korbannya.

Jika para pelaku kejahatan siber mengetahui bahwa Anda telah menggunakan alamat email perusahaan untuk mendaftar di platform lain, mereka menganggap kemungkinan besar Anda akan tertipu oleh email phishing. Mereka dengan mudahnya membuat pesan palsu yang menyamar sebagai pemberitahuan sah dari layanan tempat Anda mendaftarkan diri.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *