Jadi Kegiatan Terakhir Ketua KPU Kotim sebelum Akhiri Jabatan

Ketika Kirab Pemilu 2024 Tiba di Sampit

kirab pemilu
KIRAB PEMILU:  Penyerahan bendera parpol oleh KPU Seruyan ke KPU Kotim dalam rangka kegiatan Kirab Pemilu 2024 di Kantor KPU Kotim, Jalan HM Arsyad, Senin (29/5). (HENY/RADAR SAMPIT)

Estafet bendera partai politik dalam rangka Kirab Pemilu 2024 tiba di Sampit, Senin (29/5). Bendera yang dibawa jajaran KPU Seruyan itu diterima KPU Kotim.

HENY-radarsampit.com, Sampit

Bacaan Lainnya
Gowes

Kirab Pemilu 2024 diluncurkan pada 14 Februari 2023 lalu, setahun sebelum hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Dilakukan dari tujuh titik di seluruh penjuru Indonesia.

Kabupaten Kotawaringin Timur masuk jalur III Kalimantan Barat yang terdiri dari 43 lokasi satuan kerja (satker). Dimulai dari Kalimantan Barat-Kalimantan Tengah-Kalimantan Selatan-Jawa Tengah-Jawa Barat-Jakarta.

Dari 14 kabupaten/kota Se-Kalteng, hanya ada sembilan kabupaten yang dilintasi, yakni Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Kota Palangka Raya, Pulau Pisau, dan Kapuas. Selanjutnya bergerak ke Kalsel, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Barat. Pengarakan bendera partai politik secara estafet akan berakhir di Kantor KPU RI pada November 2023.

Baca Juga :  Tokoh Masyarakat Rama-Ramai Tolak Usulan Legalisasi Miras

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, Kirab Pemilu 2024 bertujuan untuk menyosialisasikan dan mengenalkan partai politik peserta Pemilu 2024 kepada seluruh masyarakat dari pelosok negeri.

”Kirab ini sebagai bentuk dari sosialisasi menginformasikan kepada masyarakat secara umum, khususnya masyarakat Kotim bahwa pada 14 Februari 2024 tahun depan ada perhelatan besar, yaitu hari pemungutan suara,” kata Siti.

Kirab Pemilu 2024 tidak hanya menyerahkan bendera parpol, tetapi juga menginformasikan kepada masyarakat terkait proses dan tahapan yang sudah dan sedang berjalan.

”Ada 18 parpol secara nasional yang lolos memenuhi persyaratan sebagai peserta pemilu 2024 dan di Kotim hanya ada 16 parpol dengan total 551 bakal calon legislatif yang sudah menyerahkan berkas dokumen pengajuan berkas persyaratan pada 1-14 Mei 2023 lalu. Sedangkan dua parpol PKN dan Garuda tidak mengajukan berkas dokumen ke KPU Kotim,” katanya.

Siti mengajak semua pihak menyukseskan Pemilu 2024. Suksesi itu tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu, tetapi peserta, dan pemilih.



Pos terkait