Kalteng Kibarkan 1 Juta Bendera Merah Putih

Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia

bendera
Ilustrasi bendera Merah Putih. (Dok. JawaPos.com)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik akan mengibarkan satu juta bendera merah putih.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson B. Aden saat memimpin Rapat Gerakan Nasional 10 juta bendera secara virtual, Kamis (28/7) tadi.

Bacaan Lainnya

Rapat tersebut digelar dalam rangka menyepakati arahan dari Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik akan dilaksanakan pemasangan serentak 10 juta bendera di seluruh Indonesia untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk Kalteng sendiri mendeklarasikan 1 juta bendera. Pemprov telah berinisiasi menyediakan bendera yang rencananya akan dibagikan pada Minggu saat Car Free Day (CFD),” ujar Herson.

Herson mengarahkan agar setiap SOPD Provinsi menyediakan 100 bendera. Tahap awal, SOPD yang berjumlah 53 diperkirakan ada 5.000 – 5.300 bendera, di luar dari yang disiapkan oleh Polda, Korem, dan Perbankan serta lembaga-lembaga lainnya di Palangka Raya.

Baca Juga :  Hidup Lebih Bahagia, Siap Nafkahi Keluarga

“Kami berharap Pemerintah Daerah yakni Kabupaten/Kota juga melakukan hal yang sama, khususnya Kota Palangka Raya memberikan imbauan kepada SOPD dan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa/Kelurahan dan pemukiman-pemukiman untuk melakukan pemasangan bendera,” harap Herson.

Herson menjelaskan, kenapa Pemprov harus menyediakan bendera, karena dimungkinkan bahwa tidak semua masyarakat Kalteng telah memiliki bendera merah putih yang bisa dipasang di halaman rumah maupun di fasilitas-fasilitas lainnya di pemukiman.

“Pemkab diharapkan juga melakukan hal yang sama dan paling lambat pada hari Minggu telah dilakukan distribusi atau pembagian bendera kepada masyarakat. Petunjuk dari Sekretariat Presiden bahwa per tanggal 1 Agustus seluruh bendera sudah terpasang. Kemudian, laporan yang akan disampaikan ke Provinsi nanti dari Kabupaten/Kota adalah berupa video-video singkat saat membagikan bendera kepada masyarakat dan pemasangan bendera pada tanggal 1 Agustus itu secara serentak dilakukan di seluruh wilayah Kalteng bisa didokumentasikan oleh Kominfo Kabupaten/Kota setempat,” jelasnya.

Pos terkait