Kemunculan Beruang Resahkan Warga Desa Ini

beruang
(int)ilustrasi

NANGA BULIK, RadarSampit.com– Warga Desa Bina Bhakti Kecamatan Sematu Jaya diresahkan dengan kemunculan seekor beruang yang masuk ke pemukiman mereka. Pasalnya beruang tersebut diduga telah mencuri dan memakan ternak warga.

KasatpolPP dan Damkar Kabupaten Lamandau Aprimeno melalui tim rescuenya menuturkan, beberapa hari lalu pihaknya telah menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek keberadaan beruang yang meresahkan tersebut. Didampingi aparat desa dan sejumlah warga , mereka memantau jejak-jejak keberadaan beruang.

Bacaan Lainnya
Gowes

“Beruangnya belum berhasil kita amankan, kita hanya melihat jejak dan mengumpulkan bukti-bukti keberadaannya. Seperti bekas cakaran dan tapak kaki. Ada video penampakannya juga ,” ungkap Huda, salah satu anggota tim rescue.

Menurutnya, sejak kemunculan beruang tersebut, setidaknya sudah enam ekor ayam milik warga yang hilang.

“Kami tidak memiliki jebakan khusus, yang punya BKSDA Pangkalanbun . Sehingga tim masih berkoordinasi dengan BKSDA,karena ini hewan dilindungi, tidak boleh disakiti atau diburu,” tegas Huda.

Baca Juga :  Ini Dia, Jawara Mural Se Kalteng

Karenanya, pihaknya juga menghimbau agar warga lebih berhati-hati jika suatu saat bertemu dengan beruang tersebut agar jangan bertindak gegabah. Mengingat beruang merupakan hewan buas yang bisa menyerang jika merasa terancam.

Sebelumnya,  di wilayah Kecamatan Menthobi Raya juga pernah muncul penampakan beruang yang masuk ke pemukiman warga. Diduga ini adalah beruang yang sama,yang sudah berpindah lokasi. (mex/gus)



Pos terkait