Ketika Polisi Bentuk Grup Musik, Tampil di Pasar Rakyat hingga Hajatan Warga

Cara Humanis Polres Sukamara Sampaikan Pesan Kamtibmas

gaspol band polres sukamara
SOSIALISASI: Anggota Polres Sukamara yang tergabung dalam Gaspol Band Polres Sukamara saat tampil menghibur masyarakat. (FAUZIANUR/RADAR SAMPIT)

Sosialisasi dan imbauan pemerintah kepada masyarakat kerap tak dianggap. Selain membosankan, penyampaian yang kaku juga membuat orang sering gagal paham. Polres Sukamara memiliki cara unik dan humanis untuk menyiasati hal itu.

FAUZIANNUR-radarsampit.com, Sukamara

Bacaan Lainnya

Lentingan melodi gitar mengalun merdu. Selaras irama hentakan stik drum berpadu dengan tuts piano. Sesekali terdengar irama lagu pop dan rock. Terkadang irama dangdut dengan suara khas ketipung dan suara merdu penyanyinya.

Sekilas seperti konser musik profesional. Padahal, penampilan sebuah grup musik di pasar rakyat Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah.

Grup musik itu bernama Gaspol Band. Personelnya diisi para anggota Kepolisian Resor (Polres) Sukamara. Formasi band itu terdiri dari Bripka Ade Sanjaya sebagai lead gitar, gitar 2 Bripka Wahyu, bassis piano Briptu Tyo Nugro, drumer Briptu Ade Indrawan, keyboardis Bripka Syukur, terompet dan trombone Briptu Diyo Akbar, penyanyi Briptu Alya dan Bripka Sujarwo.

Baca Juga :  Sejumlah Penghobi Dadu dan Togel Diringkus

Grup musik ini menjadi salah satu pengisi acara hiburan pasar rakyat yang dilaksanakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Sukamara.

Di sela menghibur pengunjung pasar, para anggota kepolisian ini menyelipkan pesan dan imbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Misalnya, mengajak warga agar ikut vaksinasi Covid-19, bersama-sama mencegah peredaran dan penggunaan narkoba, tertib dan taat aturan dalam berlalu lintas, menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan, hingga waspada terhadap ancaman banjir. Pesan yang disampaikan Master of Ceremony (MC) itu menjadi lebih humanis.

Penampilan Gaspol Band di pasar rakyat tersebut tidak saja sebagai penghibur dan penyampai pesan Polri, tetapi ikut andil dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19 dengan bersinergi bersama pemerintah daerah. Pasar rakyat merupakan program Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan Sukamara dalam upaya membantu peluang pasar bagi produk UMKM.

Pos terkait