KPU Kobar Kerahkan 100 Orang untuk Sortir dan Lipat Satu Juta Lebih Surat Suara Pemilu

KPU KOBAR
LOGISTIK PEMILU: Ketua KPU Kobar Chaidir memantau proses sortir dan pelipatan surat suara di gudang KPU Kobar, Rabu (3/1/2024). (SYAMSUDIN/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Satu juta lebih surat suara di Gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar mulai disortir dan dilipat pada Rabu (3/1/2024). Sebanyak 100 orang yang direkrut KPU Kobar dikerahkan untuk bekerja dalam 10 hari ke depan.

“Kita mulai sortir dan lipat surat suara, dari DPRD Kobar, DPRD Provinsi, DPR RI, surat suara capres cawapres, DPR RI dan DPD RI. Kita libatkan 100 orang yang kita rekrut dari warga sekitar kantor KPU Kobar,” ungkap Ketua KPU Kobar Chaidir, Rabu (3/1/2024).

Bacaan Lainnya

Sesuai target dalam 10 hari ke depan, satu juta lebih surat suara itu selesai dan harapannya bisa tepat waktu dan tidak ada kendala. Setiap harinya 100 orang yang bekerja ini dimulai dari jam 8 pagi hingga sore hari dengan jeda istirahat siang.

Baca Juga :  Omset Pedagang Pakaian Mulai Meningkat

Mereka adalah orang-orang yang dijamin profesional dan tidak terkait dengan partai politik. Pada saat memulai pekerjaannya mereka juga dibekali ID card, kemudian dipastikan tidak membawa ponsel, makanan, atau benda lain yang menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Ini hari pertama, kita akan mulai dan nanti ketika ada surat suara yang rusak, segera kita catat, rekap, dan melaporkan agar segera dicetak sesuai kebutuhan,” ungkap Chaidir.

Di lokasi sortir dan pelipatan surat suara juga diawasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kobar, kepolisian, dan petugas dari KPU Kobar. “Para petugas sortir tidak boleh membawa ponsel agar tidak ada yang mengambil gambar apalagi sampai dikirim ke orang lain dengan tujuan tertentu. Maka kita antisipasi dan menjaga hal-hal tidak diinginkan terjadi,” pungkas Chaidir. (sam/yit)

 

 



Pos terkait