Layanan PCR Di RSSI Pangkalan Bun Masih Tinggi

LAYANAN PCR: Pelayanan PCR di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun masih tinggi. Petugas laboratorium RSSI sedang mengambil sampel untuk tes PCR. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN– Pelayanan PCR untuk syarat pelaku perjalanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun masih tinggi.

Wakil Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan  Bun Hardino mengatakan, sesuai dengan ketentuan pusat bahwa RSUD Sultan Imanuddin Pangklan Bun ini ditunjuk untuk pelayanan PCR.

“Namun tidak sedikit juga mereka yang hendak melakukan perjalanan yang belum dosis kedua juga masih banyak melakukan PCR,” kata Hardono.

Selain itu, anak di bawah 12 tahun juga banyak yang melakukan PCR belakangan ini. Pasalnya anak di usia tersebut wajib PCR karena belum menjalani vaksinasi. “Jadi pelayanaan PCR di tempat kami bisa dibilang masih tinggi. Karena setiap harinya 90 orang melakukan PCR. Di momen tertentu ada yang lebih dari 125 orang,” jelasnya.

Padahal, lanjutnya, saat ini pelaku perjalanan dipermudah menggunakan antigen jika sudah melakukan vaksin dua kali. Namun di Kobar sendiri untuk vaksinasi dosis pertama sangat tinggi dan capaian dosis kedua belum mencapai 50 persen.

“Maka masih banyak yang belum vaksinasi tahap kedua. Wajar jika pelayanan PCR masih tinggi. Mengingat aturan syarat pelaku perjalanan ini mengacu aturan pusat. Kami di rumah sakit terus berusaha memberikan pelayanan terbaik,” bebernya. (rin/sla)

Pos terkait