LKPj Rampung Dibahas, Pansus DPRD Kobar Sampaikan Rekomendasi 

dprd kobar
REKOMENDASI: Unsur Pimpinan DPRD Kobar menyerahkan hasil rekomendasi Pansus DPRD terhadap LKPJ Tahun 2023 kepada PJ Bupati Kobar pada rapat paripurna, Jumat (19/4/2024).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat telah merampungkan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati tahun anggaran 2023.

Dari hasil pembahasan, ada sejumlah rekomendasi yang disampaikan melalui rapat paripurna di gedung DPRD Kobar, Jumat (19/4/2024).

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Pansus DPRD Kobar Sutiyana mengatakan, Tim Pansus membahas dan menelaah LKPj Bupati Kobar tahun anggaran 2023 secara maraton.

“Penyampaian LKPj diajukan tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran 2023, dan DPRD harus melakukan pembahasan LKPJ paling lama 30 hari. Sementara Pansus melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai yang telah diagendakan, dan hasilnya beberapa rekomendasi sebagai bahan evaluasi kedepannya,” ujar Sutiyana.

Rekomendasi yang disampaikan sebagai bahan peningkatan baik dalam penyusunan anggaran pada tahun berikutnya maupun penyusunan kebijakan pemerintahan daerah pada tahun berjalan.

“Rekomendasi tersebut di antaranya juga agar pemerintah daerah Kobar dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang saat ini kian meningkat, pada masa Inflasi, pemerintah daerah Kobar telah banyak berbuat,” Ujar Sutiyana.

Baca Juga :  Pemda Kobar Diminta Rencanakan Program Hilirisasi Sawit

Selain itu, masih tingginya angka kemiskinan merupakan tantangan besar bagi pemerintah daerah dengan meningkatkan perlindungan sosial, akan tetapi pemerintah daerah pun telah melaksanakan beberapa program dengan baik seperti menekan angka stunting.

Rekomendasi lainnya adalah peningkatan PAD. Diharapkan pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan vendor atau pihak ketiga, karena PAD ini sangat penting dalam melanjutkan pembangunan daerah secara merata dan berkeadilan.

Dari hasil rekomendasi yang disampaikan, hampir semua bidang mendapat masukan dan saran,  mulai infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan pertanian.

Sementara Pj Bupati Kobar Budi Santosa menyampaikan bahwa saran yang disampaikan DPRD merupakan hal yang baik demi perbaikan perencanaan atau pelaksanaan pembangunan ke depan. Pemkab mengakui belum sempurna dalam penyelenggaraan pembangunan



Pos terkait