Lumpur Sumbat Drainase Vital di Kota Pangkalan Bun

lumpur drainase 1
MAMPET: Penanganan drainase mampet di jalan Prakusumayuda dengan melibatkan Damkar. (istimewa)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Endapan lumpur membuat drainase di Jalan Prakusumayuda Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan mampet. Dalam penanganan drainase tersebut, sejumlah instansi melakukan penanganan drainase.

Kepala Dinas PUPR Kobar Hasyim Mualim mengatakan, keluhan mengenai air hujan yang menggenang di jalan Prakusumayuda ini sering di dengar. Kemudian hal ini ditindaklanjuti dengan menerjunkan tim ke lapangan.

Drainase Jalan Prakusumayuda ini mengalami pendangkalan akibat banyaknya endapan lumpur. Mengingat drainase tersebut berada di bawah turunan.

“Banyak endapan lumpur karena berada di turunan, sehingga dari bundaran piala depan Istana Kuning dan turunan Lapangan Termili itu ke jalan Prakusumayuda tepat disekitar Pasar Indra Kencana,” katanya.

Banyaknya endapan lumpur membuat drainase tak berfungsi sempurna dan saat hujan deras air menggenang ke jalan.

Pihaknya bersama Kelurahan Mendawai juga melibatkan Damkar dan relawan huma singgah itam untuk penanganan drainase.  “Kita sengaja melibatkan banyak pihak, supaya penanganan drainase bisa lebih optimal,” ujarnya.

Mengingat banyaknya endapan lumpur, selain dilakukan pengerukan, maka menerjunkan satu truk tangki Damkar. Hal ini untuk menyemprot lumpur agar saluran kembali berfungsi baik.

Baca Juga :  Jangan Ada Kampanye Berkedok Penyaluran Sedekah 

Selain itu, Dinas PUPR Kobar juga melakukan pengerukan drainase secara rutin. Hal ini guna menjaga kelancaran drainase dan tak menyebabkan baniir di jalan saat musim penghujan. (rin/sla)

 

 

 



Pos terkait