Menelusuri Jejak Berdirinya Kota Pangkalan Bun Di Usia 216 Tahun

Hari Bersejarah Yang Mulai Terlupakan

istana kuning 4 jpeg
SEJARAH PANGKALAN BUN: Istana Kuning di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat belum lama ini.

RadarSampit.com – Pangeran Ratu Sultan Imanuddin, Sultan ke-IX bertitah: “Kudirikan Negeri Sukabumi Kutaringin Baru Pongkalan Bu’un untuk anak-anakku, cucu-cucuku, keturunanku, dan orang-orang yang mau berdiam di negeriku dalam Pengkuan Kesultanan Kutaringin”

KOKO SULISTYO, Pangkalan Bun 

Bacaan Lainnya

Tepat 25 Juli 2022 Kota Pangkalan Bun ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat telah berusia 216 tahun. Diusianya yang mencapai 2 abad lebih itu, tidak banyak yang tahu kapan hari jadi Pangkalan Bun.

Menelusuri jejak berdirinya Pangkalan Bun tidak lepas dari sejarah Kesultanan Kutaringin di masa kepemimpinan Sultan ke-IX Sultan Imanuddin. Di masa itulah nama Pangkalan Bun resmi digunakan.

Nama Pangkalan Bun aslinya bernama Sukabumi Kutaringin Baru Pongkalan Bu’un. Nama Pongkalan Bu’un disebut Sultan sebagai bentuk penghormatan terhadap penduduk lokal yang bernama Bu’un yang dinilai berjasa untuk Kesultanan Kutaringin.

Baca Juga :  SEDIHNYA!!! November Ini Akhir Masa Kerja 1853 Honorer Kobar

Perpindahan pusat pemerintahan yang sebelumnya berada di Kutaringin (kini Kotawaringin Lama) ditandai dengan mendirikan tiang Sangga Buana pada 9 Jumadil Awal 1221 Hijriah atau hari Jumat tanggal 25 Juli 1806.

sejarah pangkalan bun
Prasasti Tiang Sangga Buana yang telah roboh di kawasan Istana Kuning Pangkalan Bun.

Saat ini tiang Sangga Buana tersebut telah tumbang ketika terjadi hujan deras dan angin kencang beberapa tahun silam. Namun petilasan tiang tersebut masih terawat dengan rapi hingga saat ini.

Diwaktu bersamaan dengan pendirian tiang Sangga Buana tersebut, sekaligus dilakukan pembangunan Istana Lawang Kuning di Bukit Indra Kencana yang kini menjadi ikon kebanggaan masyarakat Kobar dan tujuan destinasi wisata budaya dan sejarah.

Pos terkait