Miris…! Puskesmas Bulik Tak Memiliki Dokter Gigi

dokter gigi
ilustrasi (jawapos.com)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Puskesmas Bulik dan Puskesmas Sematu jaya secara resmi telah Terakreditasi Utama oleh Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna. Sebagai informasi, tingkatan akreditasi puskesmas ada beberapa yakni terdiri dari Dasar, Madya, Utama dan yang paling tinggi yakni Paripurna.

Re-Akreditasi sendiri berlangsung sejak awal November kemarin. Dengan pencapaian ini tentunya Puskesmas diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat dan menjadi pendorong semangat untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Bacaan Lainnya

Namun dibalik itu, ternyata di Puskesmas Bulik masih kekurangan tenaga dokter. Sudah sejak lama Puskesmas Bulik tidak memiliki dokter gigi. Sehingga hampir semua pasien gigi selalu dirujuk ke RSUD Lamandau.

Disamping itu, puskesmas satu-satunya,di kota Nanga Bulik ini juga hanya memiliki satu dokter umum. Sehingga tampaknya cukup kewalahan menangani pasien perkotaan yang lumayan banyak bahkan bisa ratusan dalam sehari. Dan saat dokter tersebut berhalangan, maka tidak ada dokter yang dapat memberikan pelayanan kesehatan, terpaksa perannya digantikan oleh para perawat atau dirujuk ke RSUD.

Baca Juga :  "Bumble Bee" Sampai Turun ke Jalanan

“Hari ini dokternya sakit, jadi hanya dilayani oleh perawat. Bangunannya sudah bagus, tapi sayang tenaga kesehatannya masih kurang,” keluh salah satu pasien.

Saat dikonfirmasi, penjabat Bupati Lamandau, Lilis Suryani menyatakan mengakui terkait masih kurangnya tenaga kesehatan di Puskesmas -puskesmas yang ada di kabupaten Lamandau.

“Terkait penambahan dokter kemarin sudah dibahas dan kami segera proses ,” ujar Lilis dalam pesan singkatnya.

Senada, kepala dinas kesehatan kabupaten Lamandau, Rosmawati saat dikonfirmasi juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah memproses untuk penambahan tenaga kesehatan seperti dokter untuk puskesmas -puskesmas yang masih kurang tenaga dokternya.(mex/sla)

 

 

 



Pos terkait