Pantai Jadi Primadona selama Libur Lebaran di Kobar

wisata pantai
PRIMADONA: Warga memadati Pantai Kubu saat libur Lebaran beberapa waktu lalu. (KOKO SULISTYO/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat (Disbudpar Kobar) menyebutkan, wisata pantai menjadi primadona para wisatawan pada momen libur Lebaran 2024.

”Jumlah warga yang berwisata ke pantai selama libur Lebaran mencapai 36.700 orang, sehingga membawa dampak positif bagi pendapatan daerah dan masyarakat,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disbudpar Kotawaringin Barat Lalu Gede Surya Atmaja, Senin.

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, data tersebut merupakan laporan periode Kamis (11/4/2024) hingga Minggu (14/4/2024), dari sejumlah pintu masuk lokasi wisata seperti dari gerbang Pantai Kubu dan Sebuai.

”Pada dua objek wisata ini, pendapatan asli daerah melalui retribusi yang dibayarkan wisatawan mencapai sekitar Rp250 juta,” kata Lalu.

Dia juga menerangkan puluhan ribu pengunjung tersebut merupakan total dari wisatawan yang mengunjungi Pantai Kubu, Teluk Bogam, dan juga Keraya yang berada di Kecamatan Kumai.

Baca Juga :  PPP Lamandau Siap Perjuangkan Amanat Rakyat

Dia menyampaikan pengunjung wisata pantai pada tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, peningkatannya sekitar 12 ribu pengunjung, kurang lebih 30 persen,” ujarnya.

Lalu mengungkapkan, selama libur Lebaran pihaknya bersinergi dengan instansi terkait seperti BPBD, Polres Kobar, Basarnas, Dishub, Satpol-PP serta tim kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kobar, yang siap siaga melakukan pemantauan di area wisata pantai.

Pada momen tersebut juga disiapkan dua posko terpadu, dilakukan juga imbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berlibur, terutama orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya saat bermain atau beraktivitas di pinggir pantai serta dilakukan juga patroli secara berkala.

”Kita bersyukur atas kinerja dan sinergi yang baik, situasi dan kondisi selama libur lebaran di wisata pantai berjalan lancar dan kondusif,” kata Lalu. (ant)



Pos terkait