Pematang Karau Siap Siaga Tangani Bencana Alam

pemkab bartim
CEK PERSONEL - Camat Pematang Karau, Edy Adwar memeriksa kesiapan personel saat apel kesiapsiagaan bencana, Selasa (13/9) pagi. ISTIMEWA

TAMIANG LAYANG,Radarsampit.com – Pemerintah Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar apel kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan bencana alam, Selasa (13/9) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Pematang Karau ini diikuti oleh Kapolsek Pematang Karau, Danramil 1012-06 Pematang Karau, Kepala Desa,  Masyarakat Peduli Api (MPA), Anggota Tagana, anggota Damkar dan anggota Linmas se-Kecamatan Pematang Karau.

Bacaan Lainnya

Camat Pematang Karau Edy Adwar mengatakan, apel ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapsiagaan petugas dan peralatan penanganan Karhutla dan bencana alam khususnya di wilayah Kecamatan Pematang Karau,

“Saat ini kesiapan personel dan peralatan sudah siap semua serta siap menghadapi bencana kapan pun,” ucapnya.

Melalui apel kesiapsiagaan ini, Lanjut  Edy, berharap terjalinnya koordinasi antar stake holder di tingkat kecamataan dalam hal menangani kahutla dan bencana alam di wilayah Kecamatan Pematang Karau.

Baca Juga :  Akses Jalan ke Sekolah Butuh Perhatian

Selain terjalinya koordinasi, diharapkan adanya keterpaduan penanganan bencana. “Wilayah Kecmatan Pematang Karau yang perlu diwaspadai bencana Banjir yang selalu terjadi apabila curah hujan tinggi,” terangnya.

Lanjut Edy, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pihak kepala Desa untuk mengigatkan masyarakat agar selalu waspada akan terjadinya bencana yang kini datang tak menentu.

“Setiap Kepala Desa sudah saya perintahkan untuk menyediakan tempat penampungan apabila terjadi banjir sehingga warga dapat mengungsi dan mendapat tempat yang layak,” pungkasnya. (apr)

 

 

Pos terkait