Pendaftaran Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa di Kotim Berakhir

5 panwas
PENDAFTARAN:  Calon anggota PKD yang sedang mengurus berkas pendaftaran di Pengawas Pemilu Kecamatan Antang Kalang baru-baru ini. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pendaftaran pengawas pemilu kelurahan dan desa (PKD) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dijadwalkan berakhir pada Kamis (19/1) pukul 17.00 WIB. Pendaftaran akan diperpanjang jika kuota tidak terpenuhi.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Pendidikan Pelatihan (SDMO dan Diklat) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotim Salim Basyaib mengatakan, masa pendaftaran dapat diperpanjang apabila belum memenuhi dua kali kebutuhan dan jumlah pendaftar sudah memenuhi dua kali kebutuhan tetapi belum ada pendaftar perempuan atau belum memenuhi dua kali kebutuhan.

Bacaan Lainnya

Sesuai jumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Kotim sebanyak 185 desa dan kelurahan yang artinya kuota pendaftaran dibuka dua kali kebutuhan atau sebanyak 370 pendaftar.

Bawaslu Kotim telah mengumumkan pendaftaran calon anggota PKD mulai 9-13 Januari 2023 dan mulai membuka rekrutmen pendaftaran calon anggota PKD pada 14-19 Januari 2023.

Baca Juga :  Waspada! Transaksi Uang Palsu di Bulan Ramadan

”Sampai 18 Januari 2023, jumlah calon anggota PKD yang sudah mendaftar sebanyak 249 pendaftar. Untuk data hari terakhir masih belum direkap karena proses pendaftaran masih berlangsung di kantor sekretariat panwascam di 17 kecamatan se-Kotim sampai jam 5 sore ini,” kata Salim Basyaib, Kamis (19/1).

Apabila pada hari terakkhir tak memenuhi kuota yang dibutuhkan, pendaftaran akan diperpanjang selama tiga hari pada 24-26 Januari 2023.

“Misalkan sampai dengan hari terakhir hari ini, jumlah pendaftar sudah memenuhi dua kali kebutuhan dan belum ada pendaftar perempuan maka perpanjangan pendafataran hanya dibuka untuk perempuan,” katanya.

Setelah proses pendaftaran dan seleksi berkas administrasi selesai, calon anggota PKD yang lulus akan diumumkan oleh pengawas pemilu kecamatan (panwascam) pada 28 Januari 2023.

Pos terkait