Petugas Pemadam Kebakaran di Sampit Diminta Tetap Siaga saat Lebaran

damkar
DIMINTA SIAGA: Petugas pemadam saat beraksi mengendalikan api yang mengamuk di Jalan Baamang I, 13 April lalu. (DOK.HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Rinie Anderson  mengingatkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotim agar selalu siaga penuh. Baik menjelang maupun setelah Lebaran. Pasalnya, saat hari raya, potensi kebakaran rawan terjadi. Terutama di rumah warga yang ditinggal kosong penghuninya mudik.

”Apalagi belakangan ini dalam bulan Ramadan ada dua musibah kebakaran yang menghilangkan tempat tinggal puluhan jiwa,” ujarnya, Rabu (19/4).

Bacaan Lainnya

Rinie menegaskan, pada momentum Lebaran tahun ini, petugas pemadam memang harus siaga guna mempermudah akses dan mobilisasinya. Markas Damkar hendaknya bisa dihubungi secara cepat agar bisa segera memadamakan kebakaran jika ada laporan.

Selain itu, lanjutnya, petugas Damkar diharapkan berkeliling ke wilayah padat penduduk. Hal itu bisa dilakukan dengan Satpol PP Kotim yang memang disiagakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama musim libur Lebaran.

Baca Juga :  Berkas Perkara Korupsi Dilimpahkan, Mantan Kades Sakabulin Menunggu Sidang

”Termasuk bagi mereka yang mudik ke kampung halamannya, akan merasa aman dan nyaman dengan kondisi rumahnya yang terjaga. Jadi, kehadiran pemerintah daerah sangat terasa bagi masyarakat yang tengah mudik merayakan momentum setahun sekali ini,” ujar Rinie.

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, dirinya selalu mendorong agar sumber daya manusia dan jumlah personel Damkar harus ditambah, karena di saat seperti sekarang mereka sangat diperlukan.

”Ketika Lebaran seperti ini, mungkin personel yang non-Muslim wajib disiagakan penuh di Damkar ataupun BPBD, supaya mereka yang bertanggung jawab memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” katanya. (ang/ign)



Pos terkait