Pilkades Serentak Tahun Ini jadi Kuburan Para Petahana

Banyak Wajah Baru dan Kaum Muda jadi Pemenangnya

halikinnor
PILKADES: Bupati Kotim Halikinnor meninjau pelaksanaan Pilkades di TPS 1 Desa Bajarum Kecamatan Kotabesi, Sabtu (23/9/2023). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemilihan kepala desa (pilkades) digelar serentak di 76 desa yang tersebar di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).  Banyak wajah baru yang  mengalahkan para petahana atau incumbent.

“Hasil hari ini incumbent banyak yang tumbang. Banyak wajah baru dan kaum muda-muda. Pleno di kecamatan sudah, dan saat ini kami masih merekap,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kotawaringin Timur Raihansyah kemarin.

Bacaan Lainnya

Sebagai contoh, Supardi selaku petahana di Desa Patai Kecamatan Cempaga dikalahkan oleh pendatangkan baru Hendrik. Sementara di Kecamatan Parenggean, dari empat kades lama yang mencalon, hanya dua orang yang menang, yakni Slamet Harianto di Desa Bandar Agung dengan total suara 345 suara, dan Husni Tamberin  di Desa karang Sari dengan perolehan sebanyak 620 suara.

Camat Parenggean Siyono mengatakan, dua kades lama di Desa Bajarau dan Desa Sari Harapan kalah. Sedangkan kades lama di Desa Karang Tunggal, Desa Bukit Harapan, dan Barunang Miri tidak mencalon.

Baca Juga :  AMPD Dukung Penyelenggara Pemilu, Jangan Sembarang Tuduh Curang!

Sementara itu Camat Antang Kalang Sony Dehen mengatakan ada 10 desa yang melaksanakan pilkades di wilayahnya.  Adapun kades incumbent yang kembali mencalonkan diri dalam pilkades yaitu di Desa Tumbang Gagu, Buntut Nusa, Tumbang Ramei, Tumbang Ngahan,Mulai Agung dan Tumbang Kalang.

Pemilihan kepala desa serentak di Kotim dilaksanakan di 76 desa dengan jumlah DPT sebanyak 70.752 orang, terdiri dari pemilih laki-laki 37.011 orang dan jumlah pemilih perempuan 33.741, dengan jumlah calon kades sebanyak 253 orang, dan 204 tempat pemungutan suara (TPS).

Bupati Kotim Halikinnor dan Wakil Bupati Kotim Irawati Irawati langsung melakukan pemantauan pemungutan suara di sejumlah TPS di Kecamatan Cempaga Hulu dan Kecamatan Parenggean, Sabtu (23/9). Diantaranya di TPS 02 Desa Bapeang, TPS 02 Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, TPS 01 Desa Bajarum Kecamatan Kotabesi, TPS 03 dan TPS 02 Desa Rubung Buyung Kecamatan Cempaga.

“Saya bersama Forkopimda meninjau atau mengawasi pelaksanaan pilkades serentak. Semua pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan lancar, tertib, dan aman,” kata Halikinnor.



Pos terkait