PPKM Level II Lamandau Diperpanjang

PPKM Level II Lamandau Diperpanjang
RAZIA MASKER: Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau saat melaksanakan operasi non yustisi di kawasan Bundaran Rusa, Sabtu (29/1) lalu. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

NANGA BULIK – Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah masuk dalam kriteria level 2 penerapan pembatasan kegiatan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan dan Sesuai Instruksi Mendagri Nomor 07 tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Oleh karena itu daerah diminta lebih mengoptimalkan Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Instruksi Bupati tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 2 itu sebenarnya sudah keluar sejak pertengahan Januari lalu dan berlaku pada tanggal 19 Januari sampai 1 Februari.

Kemudian dengan keluarnya Instruksi Mendagri yang baru tersebut, maka PPKM level 2 di Kabupaten Lamandau akan kembali diperpanjang hingga 14 hari ke depan.

“Belum lama ini kembali tercatat ada warga Kabupaten Lamandau yang terpapar Covid-19. Sehingga saat ini Lamandau ditetapkan masuk ke dalam kriteria level 2 untuk pengendalian penyebarannya,” ujar Bupati Lamandau H Hendra Lesmana.

Ia juga menegaskan bahwa hal ini harus menjadi peringatan semua untuk tidak kendor dalam menaati protokol kesehatan dan menyukseskan program vaksinasi. Dan untuk memutus penyebaran virus dibutuhkan sinergi lintas instansi dan juga dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Lamandau.

Baca Juga :  Begini Cara Pemkab Lamandau Siasati Biaya untuk Nyalakan PJU

Sekda Lamandau, Irwansyah mengungkapkan bahwa Instruksi Mendagri tersebut akan terus update tiap 2 Minggu sekali. Dan Lamandau masuk ke PPKM level 2 karena adanya lima kasus positif pada dua pekan lalu.

“Namun untuk saat ini, sebenarnya Kabupaten Lamandau sudah kembali zona hijau. Yang kemarin positif sudah sembuh, tidak ada penambahan kasus baru semoga ini tetap bisa kita pertahankan,” ungkapnya.(mex/sla)

 

 

Pos terkait