Ratusan Calon Kades Deklarasi Damai Pilkades Serentak

pilkades
DEKLARASI DAMAI: Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa menandatangani deklarasi damai dalam Pilkades serentak tahun 2023 dihalaman kantor bupati setempat, Senin (9/10/2023). (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ratusan calon kepala desa mengikuti deklarasi damai dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2023 di halaman kantor Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Senin (9/10/2023). Deklarasi damai dipimpin oleh Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa dan diikuti sebanyak 130 calon kepala desa. Kegiatan ini untuk memastikan pilkades di 36 desa pada 26 Oktober 2023 mendatang berjalan aman dan lancar.

Ratusan calon kepala desa akan bersaing dalam pesta demokrasi tingkat desa dengan jumlah pemilih sebanyak 36.752 orang sesuai daftar pemilih tetap yang tersebar di 90 tempat pemungutan suara.  Proses tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 berjalan sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam Keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 80 Tahun 2023 tentang Penetapan Hari Pemungutan Suara dan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2023 di Kabupaten Kobar.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Gakkum LHK Tetapkan Dua Tersangka Penyelundupan Burung Papua

Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa memberikan pesan kepada para kontestan Pilkades untuk menghindari segala bentuk aktivitas yang dapat mengarah kepada pelanggaran. “Jangan melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan NKRI, menghina seseorang, agama, ras, golongan, atau calon kepala desa lainnya atau menghasut dan mengadu domba perseorangan atau kelompok,” tegasnya.

Budi Santosa menambahkan pelaksanaan deklarasi damai dalam Pilkades Serentak Tahun 2023 Kabupaten Kobar adalah bentuk komitmen dan kesanggupan bersama dari unsur Forkopimda, penyelenggara Pilkades serentak, calon kepala desa, dan elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pilkades agar dapat berjalan dengan aman, kondusif, lancar, dan berlangsung secara luber dan jujur.

“Dengan deklarasi damai ini, Kotawaringin Barat siap menghadapi Pilkades Serentak Tahun 2023 dengan semangat kebersamaan dan persatuan, serta menjaga agar pesta demokrasi ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang sehat,” pungkasnya. (tyo/yit)



Pos terkait