Ribuan Jemaah Hadir di Ujung Pandaran

Haul Syekh Abu Hamid akan Jadi Agenda Tahunan

abuya kh saifudin marzuki dari balikpapan
CERAMAH: Abuya KH Saifudin Marzuki dari Balikpapan menyampaikan ceramah pada acara haul akbar Syekh Abu Hamid bin Mufti Syekh Muhammad As’ad bin Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, di Kubah Syekh Abu Hamid di Desa Ujung Pandaran, Sabtu (1/10).

SAMPIT, RadarSampit.com – Ribuan jemaah menghadiri haul akbar Syekh Abu Hamid bin Mufti Syekh Muhammad As’ad bin Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Sabtu (1/10). Acara ini direncanakan menjadi agenda tahunan.

“Ini merupakan haul yang pertama kalinya diadakan di Kubah Syekh Abu Hamid di Ujung Pandaran. Rencananya haul ini akan diagendakan setiap tahun,” kata Ketua Panitia Pelaksana H Syarifuddin.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, haul tersebut selain mendoakan Syekh Abu Hamid, diharapkan menjadi berkah untuk masyarakat Desa Ujung Pandaran dan Kotawaringin Timur.

“Karena kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu wisata religi di Kotim,” ucapnya. Kubah Syekh Abu Hamid di Desa Ujung Pandaran menjadi magnet bagi masyarakat Kotim dan sekitarnya untuk berziarah. Bahkan pada acara haul akbar kemarin, ribuan jemaah yang datang.

Tidak hanya berasal dari berbagai kecamatan di Kotim, tapi juga dari luar Kotim, termasuk dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

Acara haul akbar di Ujung Pandaran juga dihadirkan Wakil Bupati Kotim Irawati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Fajrurrahman, camat, kepala desa, dan unsur forkopimcam setempat.

Baca Juga :  Kalteng Kejar Target Vaksinasi

“Alhamdulillah kami dapat menghadiri haul akrab Syekh Abu Hamid. Ini merupakan kebahagiaan besar bagi kami dapat bersilaturahmi bersama seluruh kyai dan alim ulama pada acara ini, semoga ini memberikan manfaat dan berkah bagi kita semua,” ujar Wakil Bupati Kotim Irawati.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan kepada panitia pelaksana yang telah bekerja sama dengan pemerintah daerah demi terlaksananya kegiatan tersebut.

Disampaikannya, potensi yang sangat baik hendaknya dapat dimanfaatkan secara optimal dalam memperluas syiar Islam dan membangun karakter generasi muda yang berakhlakul karimah serta memiliki semangat tinggi dalam memasyarakatkan dengan prinsip Islam yang Rahmatan lil’ Alamin.

“Sejalan dengan itu hendaknya kita mampu mengenang meneladani pemikiran dan perjuangan Syekh Abu Hamid. Hal ini dapat kita maknai secara lebih mendalam sehingga nilai-nilai mulia yang diteladankan Syekh Abu Hamid semasa hidup dapat kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk dapat meneladani beberapa nilai universal kehidupan yang telah diwariskan oleh para pendahulu,” tuturnya.

Pos terkait