Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Kumai

Pemudik,Pelabuhan Panglima Utar
Penumpang tujuan Semarang berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar, Kumai Jumat (29/4).(istimewa)

PANGKALAN BUN – Ribuan pemudik dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang memadati Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), sejak Jumat (29/4).

Mereka adalah penumpang yang akan berangkat secara bergelombang, baik pada hari ini maupun subuh hari, dengan menggunakan tiga kapal milik Dharma Lautan Utama (DLU) maupun PT Pelayaran Indonesia (Pelni).

Manager Terminal Penumpang Pelindo III Kumai M.Rahmadi mengatakan, H+3 lebaran ada satu kapal yang berangkat dengan tujuan Semarang dengan jumlah 350 penumpang.

“H+3 hanya ada keberangkatan 1 kapal tujuan Semarang dengan jumlah penumpang 358 jiwa,” ujarnya, Jumat (29/4).

Sementara itu mulai subuh hari ini Sabtu 30 April 2022 hingga siang harinya rencananya, ada sebanyak 3 Kapal Laut baik Pelni maupun DLU yang akan berangkat membawa penumpang sebanyak 2000 an jiwa.

Rahmadi juga menyebutkan,  ribuan jiwa calon penumpang kapal laut yang berangkat tersebut merupakan jumlah pada puncak arus mudik 2022.

Tiga kapal yang berangkat tersebut adalah KM Lawit dengan tujuan Surabaya, KM Bukit Raya tujuang Semarang, dan KM Rucitra 9 tujuan Semarang.

Baca Juga :  Masyarakat Seruyan Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

“Ini sudah puncak arus mudik lebaran dari pelabuhan Panglima Utar Kumai, jumlah penumpang perkiraan 2000 an jiwa dengan tiga kapal tersebut,” tandasnya.(tyo/gus)

 

Pos terkait