Risiko Karhutla Lebih Besar saat El Nino  

karhutla
KEMARAU: Penanganan kebakaran hutan dan lahan di Katingan oleh tim pencegahan, Selasa (27/6/2023).  (Istimewa/Radar Sampit)

KASONGAN, radarsampit.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan melakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Semua tim melakukan patroli  dan pendekatan kepada masyarakat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan Markus mengingatkan,  ancaman kebakaran hutan dan lahan kembali muncul tahun ini. Karhutla seolah-olah menjadi seremonial tahunan yang merugikan semua pihak.

Bacaan Lainnya
Gowes

Menyikapi hal tersebut, pihaknya mengajak warga bekerja sama agar dapat meminimalisir terjadinya karhutla.

“Dari prediksi BMKG terdapat potensi El Nino setelah 3 tahun terakhir  terjadi La Nina.  Diperkirakan tahun ini akan terjadi peningkatan potensi karhutla. Jadi semua pihak harus waspada,” katanya.

BMKG Kalteng juga mengungkapkan potensi cuaca panas dan peningkatan peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Indonesia tahun ini. Dengan demikian, pemerintah daerah mengambil sikap siaga dan melakukan pencegahan.

Baca Juga :  Lahan Dua Desa di Tewang Sanggalang Garing Jadi Arang

“Jangan melakukan pembakaran hutan dan lahan. Di sisi lain, penyebab karhutla itu sendiri sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia. Oleh sebab itu, kesadaran dalam menjaga lingkungan dari bencana kebakaran hutan dan lahan sangatlah penting,” tandasnya. (sos/yit)

 



Pos terkait