Sekda Sukamara: Budidaya Udang Vaname Wajib Ada Pengolahan Limbah

udang vaname
PANEN : Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, panen udang vaname. (dok.radar sampit)

SUKAMARA, radarsampit.com – Seiring meningkatnya tambak ikan maupun udang vaname di wilayah Kecamatan Pantai Lunci, maka Sekda Sukamara Rendy Lesmana mengingatkan kepada pelaku usaha budidaya agar memperhatikan lingkungan, sehingga budidaya yang dikembangkan bisa terus berkelanjutan.

“Saat ini sedang dikembangkan budidaya ikan dan udang vaname. Agar sistem budidaya bisa berkelanjutan, maka tidak ada pilihan lain kecuali menjaga lingkungan agar tidak tercemar,” terang Rendy Lesmana.

Bacaan Lainnya
rendy lesmana
Sekda Sukamara, Rendy Lesmana

Menurutnya, apabila lingkungan tidak dijaga, maka usaha budidaya yang saat digeluti dapat terhenti karena kerusakan lingkungan akibat tidak adanya pengelolaan air limbah yang benar. Lantaran itulah pengusaha budidaya tambak diminta lebih memperhatikan hal tersebut. “Kalau tidak menjaga dari sekarang, maka lama kelamaan dan sampai waktunya budidaya tidak bisa dilakukan lagi,” imbuhnya.

Menjaga lingkungan pantai sekaligus upaya mendukung  usaha budidaya di wilayah pesisir, Pemkab Sukamara juga melakukan penaman pohon mangrove. Masyarakat diminta untuk menjaga dan merawat apa yang sudah ditanam itu, sehingga bisa menjadi penyangga dan bermanfaat untuk masyarakat.(fzr/sla)



Baca Juga :  Berubah Lagi, Caleg Terpilih Wajib Mundur saat Maju Pilkada

Pos terkait