Sekretariat KTH Meniti Fajar Jadi Ikon Raja Seberang

meniti fajar
Proses pembangunan Sekretariat bersama KTH Meniti Fajar Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (17/1/2024) (istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com –  Sekretariat Kelompok Tani Hutan (KTH) Meniti Fajar diproyeksikan menjadi ikon Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sekretariat dua lantai yang pembangunannya sudah 70 persen tersebut juga digadang-gadang menjadi rest area para wisatawan sebelum menuju destinasi wisata yang dikelola oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Pariwisata Palas Karma.

Bacaan Lainnya

Lurah Raja Seberang Yaumil Bahsin menyampaikan, Sekretariat KTH Meniti Fajar akan digunakan sebagai kantor sekretariat gabungan Kelompok Tani (Poktan) di Raja Seberang. Selain itu pembangunan sekretariat tersebut sebagai persiapan untuk menghadapi Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2025 mendatang.

“Tahun 2025 Kobar menjadi tuan rumah Peda KTNA, dengan begitu KTH Meniti Fajar sudah mempersiapkan secara bertahap untuk melengkapi segala fasilitas penunjang untuk kegiatan tersebut,” ungkapnya, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga :  Bayi Buangan di Palangka Raya Jadi Rebutan

Sebagai tuan rumah pelaksanaan Peda KTNA, Sekretariat KTH Meniti Fajar yang berada dalam kota bakal menjadi percontohan sekretariat terpadu bagi peserta Peda KTNA dari daerah lain di Provinsi Kalteng.

Sekretariat tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk posko banjir, mengingat Raja Seberang belum memiliki posko banjir yang memadai ketika terjadi banjir.

“Sekretariat ini juga dirancang sedemikian rupa dengan menonjolkan ciri khas daerah, dengan begitu akan menambah keindahan bantaran sungai sehingga menjadi ikon baru bagi Raja Seberang secara khusus dan secara umum Kabupaten Kobar,” bebernya.

Ia juga menyebut, rencananya juga akan dibangun selasar untuk tempat pentas seni di samping bangunan tersebut sehingga bisa menjadi tempat baru untuk bersantai dan aktivitas masyarakat sembari menikmati indahnya Sungai Arut.

“Dengan ini harapannya dapat meningkatkan dan mengembangkan UMKM Raja Sebarang,” harapnya.

Ketua KTH Meniti Fajar Sarwani menambahkan, mereka siap untuk membongkar bangunan sekretariat apabila badan bangunan masuk dalam ruas jalur pembangunan Water Front City.



Pos terkait