Senpi Personel Polres Mendadak Diperiksa

Polres,polres Katingan
Kapolres Katingan Bersama Kasipropam saat memeriksa kelengkapan dan syarat-syarat dalam penggunaan senpi di kalangan anggotanya, Jumat (29/10). (istimewa)

KASONGAN- Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api (Senpi) oleh personal kepolisian, Kapolres katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo bersama Kasi Propam Polres Katingan Ipda Eko Risnanto melaksanakan pemeriksaan senjata api (senpi) bagi anggotanya.

Tak hanya itu, Kapolres bersama Kasi propam juga melakukan pemeriksaan terhadap personel Polres maupun Polsek jajaran yang memegang Senpi. Satu-persatu personel yang memegang Senpi diperiksa, mulai dari kelengkapan administrasi pemegang senpi hingga kebersihan senjata api itu sendiri.

Usai melakukan pemeriksaan, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo mengatakan, pemeriksaan senpi ini merupakan bentuk pengawasan agar anggota Polri terutama pemegang senjata api (senpi) untuk lebih berhati-hati dalam menggunakannya, saat melaksanakan tugas di lapangan.

Dirinya juga mengingatkan, agar para anggota dalam penggunaan senjata api serta memperhatikan Standar Operasional Prosedur(SOP)  penggunaan. Menurutnya, tidak semua anggota diberikan senjata api, ada beberapa tahapan yang harus ditempuh oleh setiap personel. Antara lain uji kelayakan dalam memegang Senpi.

“Agar anggota yang meminjam pakai senjata api, harus terus merawat dan menjaga kebersihan senjata, serta memperhatikan kelengkapan suratnya,” tegas Kapolres.

Baca Juga :  Kaleka Betang Ngabe Hanju Jadi Cagar Budaya

Ipda Eko Risnanto menambahkan,  personel yang berhak memegang Senpi, adalah el yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Pemeriksaan tersebut tegasnya, dengan tujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota. (sos/gus)

 

 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *