Siap Panggilan Kapan Saja, Katingan Siagakan Sembilan Pos Damkar

damkar katingan
ANTISIPASI: Pos Damkar disiagakan dalam penanganan kebakaran di Katingan, Minggu (12/5/2024).

KASONGAN, radarsampit.com – Satpol PP dan Damkar Kabupaten Katingan menyatakan kesiagaannya dan siap meluncur apabila terjadi kebakaran dan bencana di wilayah itu. Selain personel, sembilan Pos Damkar juga ikut disiagakan menangami kebakaran pemukiman hingga hutan dan lahan.

”Jangan ada pandangan atau persepsi, damkar hanya melakukan penanganan terhadap area pemukiman saja. Damkar juga berperan dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan di Katingan,” kata Kasatpol PP dan Damkar Katingan Pimanto melalui Kabid Damkar Yoshua, Minggu (12/5/2024).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, di mana ada titik api yang memicu kebakaran, baik kebakaran lahan atau rumah, di situ pula ada relawan dan petugas damkar. Apalagi saat ini jumlah personel tim pemadam mencapai 123 orang.

”Sedangkan pos terpadu untuk memonitor titik kebakaran ada sembilan pos. Pos tersebut berada dan tersebar di sejumlah kecamatan di Katingan,” katanya.

Baca Juga :  Enam Fraksi DPRD Kobar Sepakat Tiga Raperda Jadi Perda 

Adapun armada yang digunakan, lanjutnya, roda empat yang dilengkapi mesin pemadam kebakaran. ”Untuk wilayah perdesaan menggunakan damkar slip on yang sudah dimodifikasi,” katanya.

Sementara itu, untuk Kelurahan Pagatan Hilir dan Pagatan Hulu di Kecamatan Katingan Kuala menggunakan kendaraan bermotor roda tiga yang dilengkapi pompa damkar portabel dan pompa apung yang digunakan untuk kebakaran hutan di pinggiran DAS Katingan. (sos/ign)



Pos terkait