Siapkan Dukungan Kendaraan dan Peralatan Mumpuni untuk Atasi Karhutla

peralatan karhutla
KARHUTLA: Unit water suplai BPBD Kobar saat melakukan penanganan karhutla, baru-baru ini. (Istimewa/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat menyiagakan dukungan kendaraan dan peralatan guna penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Dukungan kendaraan dan peralatan bukan hanya datang dari pemerintah daerah, tetapi juga berbagai unsur yang tergabung dalam Satgas Darat Penanganan Karhutla.

Bacaan Lainnya

Kalaksa BPBD Kotawaringin Barat Syahruni menyampaikan, dukungan kendaraan untuk penanganan kebencanaan dan karhutla di Kabupaten Kobar berupa 10 unit mobil operasional dan 50 unit motor dari BPBD, Manggala Agni, Damkar, Polres, KPHP, dan Dinsos.

“Selain itu ada empat unit mobil slip on dan dua unit mobil minilog untuk dukungan operasional,” ungkapnya.
BPBD juga menyiagakan sebanyak 16 unit truk tangki water suplai, dan untuk mencukupi kebutuhan konsumsi di lapangan ada 2 unit mobil dapur umum.

Baca Juga :  Makin Meluas, Karhutla di Pangkalan Bun Nyaris Bakar Rumah Warga 

Sementara untuk peralatan ada sebanyak 11 unit mesin pemadam portabel berukuran besar dan 27 unit mesin pemadam portabel berukuran kecil, 9 unit mesin portabel apung, 80 unit pompa punggung (jeet shooter) dan 110 alat komunikasi.

“Kalau berbicara ideal, masih belum ideal, tetapi kita maksimalkan sarana prasarana yang ada ketika terjadi bencana karhutla atau peristiwa Kedaruratan lainnya,” pungkasnya. (tyo/yit)



Pos terkait