Singkirkan Ratusan Peserta, Kobar Juarai Lomba Meracik Jamu

Juara Jamu
JUARA: Kabupaten Kotawaringin Barat menjuarai lomba olah jamu HUT Provinsi Kalteng ke-65 di Palangka Raya, belum lama ini. (Istimewa)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi yang terbaik dalam lomba meracik jamu dalam rangka menyambut hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke-65.

Kabupaten Kobar tampil menjadi yang terbaik setelah berhasil menyingkirkan ratusan kontestan dari 14 kabupaten kota di Kalimantan Tengah.

Racikan jamu Kunyit Nenas yang berhasil mengantarkan para pelaku pengrajin jamu dan pelaku UMKM jamu tersebut menjadi juara sempat dicicipi oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan istri.

Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Disperindagkop dalam ajang pengolahan jamu tersebut mengirimkan 4 orang perwakilannya yang merupakan para pengrajin jamu dan pelaku UKM di Bumi Marunting Batu Aji.

Perwakilan Kabupaten Kotawaringin Barat, yang juga pemilik Khanaya Herbal Mahyusi Khasim mengatakan, dalam ajang lomba pengolahan jamu ada sebanyak 357 peserta atau pelaku UMKM yang mengikuti ajang tersebut.

“Kita menampilkan racikan jamu kunyit Nenas dengan mengkombinasikan buah dan mpon-mpon agar jamu terasa enak, dapat bersaing dengan minuman kekinian seperti soft drink atau boba,” ujarnya.

Baca Juga :  Berharap Jembatan Jelai Fungsional di 2022

Menurutnya jamu kunyit nenas tidak menekankan kepada jamu sebagai pengobatan, tetapi jamu sebagai minuman kesehatan terutama untuk asupan asam amino, vitamin C, antioksidan dan bermanfaat juga untuk memperlancar peredaran darah dan steam cell atau membantu tubuh membentuk sel-sel baru.

Dengan keberhasilan Kabupaten Kobar dalam ajang tersebut ia berharap pmerintah lebih intens lagi memperhatikan para penggiat jamu tradisional, memberikan fasilitas dan pendampingan sehingga produk jamu bisa disandingkan dengan minuman kekinian lainnya.

Pos terkait