Tingkatkan Kompetensi Satlinmas untuk Sukseskan Pemilu

Satlinmas kobar
SATLINMAS: Pj Bupati Kobar Budi Santosa saat pembukaan pelatihan Satlinmas beberapa waktu lalu. (Prokom/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Peran anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sangat dibutuhkan, terutama untuk membantu pengamanan Pemilihan Umum 2024.

Hal ini diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP0 Kobar Majerum Purni, Kamis (21/12/2023). Menurutnya saat ini Satlinmas berada di bawah pembinaan Satpol PP, oleh karena itu upaya peningkatan kompetensi menjadi keharusan. “Upaya itu salah satunya kami lakukan dengan melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas terhadap Satlinmas di enam kecamatan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Saat ini total anggota Satlinmas mencapai 1.166 personel. Dari jumlah itu sebanyak 461 personel di antaranya atau 39,53 persen telah mengikuti pelatihan. “Kami berharap Satlinmas semakin mengokohkan diri sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan ketentraman wilayah, terutama dalam partisipasi menjaga keamanan, ketertiban masyarakat pada Pemilu 2024,” katanya.

Hal senada juga ditegaskan Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Pj Bupatu Kobar) Budi Santosa juga meminta agar seluruh Satlinmas di wilayahnya menjunjung tinggi etika dan profesionalisme dalam menjalankan tugas. “Satlinmas memiliki peranan penting dalam menjaga ketertiban umum di wilayah desa dan kelurahan, terutama dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada yang aman, tenteram dan tertib,” kata Budi Santosa.

Baca Juga :  Hanya Dibutuhkan Saat Minta Iuran, Tenaga Pendidik Kecewa dengan PGRI Kotim

Budi meminta kepada anggota Satlinmas untuk menjunjung tinggi etika. Anggota Satlinmas juga diminta bersikap profesional dalam menjalankan tugas. “Utamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, berdisiplin, taat pada hukum yang berlaku, dan menjunjung tinggi etika yang bersifat profesional, inovatif, dan berwibawa,” katanya.

Dia berpesan Satlinmas memanfaatkan Pemilu sebagai momentum penting dalam meneguhkan komitmen Satlinmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kobar. “Laksanakan sumpah/janji Satlinmas dengan sungguh-sungguh, tinggalkan tingkah laku yang mengikuti norma hukum, agama, susila, dan perilaku sosial yang hidup dan berkembang di masyarakat,” kata Pj Bupati Kobar. (ant/sla)



Pos terkait