Usia Lebih dari 65 Tahun, Dua CJH Tertunda Keberangkatannya

CJH Asal Kobar Siap Berangkat Melalui Embarkasi Banjarmasin

calon jemaah haji
JEMAAH HAJI: Sebanyak 62 CJH asal Kobar saat mendapat pembekalan manasik Haji, belum lama ini. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) rencananya akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah melalui embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 16 Juni 2022 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Mulyono mengatakan proses keberangkatan 62 calon jemaah haji Kobar ke Banjarmasin akan menggunakan armada bus. Sesuai jadwalnya pemberangkatan akan dimulai pada 16 Juni 2022, rencananya keberangkatan akan dilepas langsung oleh pemerintah daerah.

“Namun sebelum berangkat, pada tanggal 15 Juni akan dilakukan tes PCR terlebih dahulu dan keesokan harinya 16 Juni akan diberangkatkan oleh Pj Bupati Kobar Anang Dirjo,” ungkapnya Minggu (12/6).

Ia juga menyebut bahwa keberangkatan menggunakan armada bus, rombongan akan mendapat pengawalan dari aparat kepolisian, dinas perhubungan dan Satpol PP, Dinas Kesehatan, Kesra dan dari Kemenag sendiri.

Sementara untuk persiapan sejauh ini sudah berjalan lancar, seperti vaksin booster dan meningitis, kemudian kegiatan manasik juga sudah dilakukan.

“Untuk pelaksanaan paparan manasik haji dilaksanakan 2 kali yaitu, tingkat kabupaten dan kecamatan, sejak tanggal 7 dan 8 hari kemarin, dan hari Jumatnya pelaksanaan praktik manasiknya,” jelasnya.

Baca Juga :  Wajib Kantongi Dokumen Antigen Bagi Pemudik Wilayah Aglomerasi

Ia menambahkan, karena aturan dari pemerintah Arab Saudi bahwa tahun ini batasan usia maksimal calon jemaah haji itu 65 tahun. Maka ada beberapa calon jemaah haji yang ditunda keberangkatannya.

“Ada dua pasang suami istri calon jemaah haji asal Kobar yang salah satu pasangannya tertunda berangkat tahun ini, karena aturan usia. Yaitu calon jemaah asal Arut Selatan dan Kotawaringin Lama,” pungkasnya. (tyo/sla)



Pos terkait