Wakil Kotim akan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional 

paskibraka kotim
PASKIBRA: Paskibraka Kabupaten Kotim saat bertugas pada upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus lalu. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Satu utusan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil lolos untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional yang bakal bertugas pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79 di Istana Negara Agustus mendatang.

“Alhamdulilah telah terpilih satu utusan Paskibraka Kotim untuk mengikuti seleksi nasional utusan Kalteng,” kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sanggul L Gaol.

Bacaan Lainnya

Setelah melakukan seleksi di Kotim, terpilihlah utusan Kotim tahun 2024 sebanyak 4 orang terdiri dari dua putra dan dua putri yang selanjutnya diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk melakukan tes.

Keempat orang tersebut adalah Muhammad Berlian Ainul Hakim dari SMAN 2 Sampit, Muhammad Raihan Noorendra dari SMAN 1 Sampit, Zulia Rahmah dari SMAN 2 Sampit dan Brina Widigda Putri dari SMAN 1 Sampit.

Baca Juga :  Pencuri Emas Milik PNS Ditangkap di Banjarbaru

“Kotim mengirimkan empat orang untuk tes tingkat provinsi di Palangka Raya,” ucapnya.

Seleksi yang dilakukan di tingkat provinsi sama halnya yang dilakukan di kabupaten, meliputi seleksi kesehatan, PBB, parade, Samapta, seleksi kepribadian, wawasan kebangsaan, medical check up.

“Utusan Kotim lolos satu orang putra atas nama Muhammad Raihan Noorendra dari SMAN 1 Sampit menuju seleksi tingkat nasional,” terangnya.

Proses pemilihan saat ini masih berjalan. Jika mengikuti kriteria dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), maka yang peringkat satu yang akan terpilih jadi Paskibraka di Istana Negara.

“Saat ini masih belum final, apakah nanti siswa kita yang akan menjadi utusan dari Kalteng kita tunggu hasil selanjutnya, karena nanti yang menetapkan BPIP pusat siapa yang mewakili Kalteng di nasional. Utusan Kalteng sebanyak empat orang ke nasional. Kalau terpilih tentunya ini suatu kebanggaan, kita berharap semoga siswa kita bisa memberikan yang terbaik sehingga dapat terpilih dan bertugas pada HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Istana Negara,” tandasnya. (yn/yit) 

 



Pos terkait