Warga Semanggang Geger Penampakan Awan Arcus

penampakan awan
AWAN ARCUS: Fenomena awan Arcus sempat diabadikan warga Desa Semanggang, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kobar, Selasa (29/11). (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Warga Dusun Semanggang, Desa Pangkalan Banteng, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) digegerkan dengan penampakan awan Arcus. Awan yang membentuk gulungan ombak itu merupakan awan unik dan jarang terjadi.

Penampakan awan yang sama pernah terjadi di Lapangan Udara Iskandar Pangkalan Bun, namun waktu kejadian munculnya awan tersebut sudah begitu lama.

Menurut salah seorang warga Pangkalan Banteng, Rido awan tersebut muncul sekitar pukul 15.30 WIB. Bentuk unik dari awan tersebut menimbulkan kengerian bagi masyarakat yang melihatnya.

“Awannya membuat merinding, tidak biasa membentuk gulungan ombak dan panjang sekali,” terangnya, Selasa (29/11).

Kepala Stasiun Meteorologi (Stamet) Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Aqil Ikhsan menjelaskan bahwa awan yang muncul di langit Kecamatan Pangkalan Banteng termasuk dalam kategori awan yang unik dan jarang terjadi.

Menurutnya, awan tersebut merupakan awan arcus yang merupakan bagian dari awan Cumulonimbus (CB), yang bisa mengakibatkan angin kencang, hujan lebat, petir, angin puting beliung, atau hujan es.

Baca Juga :  PCR Tak Wajib Lagi, Penumpang Pesawat Masih Sepi

“Awan ini muncul seperti bentuk ombak yang bergulung sehingga dikenal juga dengan sebutan awan roll,” terangnya.

Lanjut dia, fenomena awan Arcus merupakan fenomena yang normal terjadi walaupun jarang. Sementara itu, munculnya Awan Arcus terjadi akibat ketidakstabilan atmosfer sepanjang pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat dan lembap.

“Kalau prakiraan cuaca saat ini Pangkalan Banteng hujan dengan intensitas sedang lebat,” pungkasnya. (tyo/sla)

 

 

 

 

Pos terkait