WASPADA!!! Cacar Monyet Diduga Merebak di Cempaga

cacar monyet
MENULAR: Bagian telapak tangan warga di Cempaga yang seolah melepuh. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Penyakit cacar monyet (monkeypox) diduga merebak di Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sejumlah warga setempat menderita penyakit yang mudah menular tersebut. Bahkan, ada yang sudah hampir sebulan belum sembuh.

Sumianti, warga Dusun Baninan, Desa Rubung Buyung, mengatakan, salah satu orang yang terkena penyakit itu keponakannya yang berusia 14 tahun. ”Sudah  hampir sebulan ini kena cacar. Pergelangan dan telapak tangannya kena semua. Kami menyebutnya cacar monyet. Banyak juga warga lain yang terkena,” katanya, Minggu (2/4).

Bacaan Lainnya

Sumianti menuturkan, cacar tersebut banyak menyerang anak-anak. Kondisi mereka yang terjangkit tidak begitu parah dan masih bisa beraktivitas. Hanya saja, kulit mereka melepuh dan mengeluarkan cairan dan nanah.

”Selain keponakan saya, banyak juga warga lain kondisinya sama dan saat ini banyak berdiam diri di rumah saja dengan pengobatan tradisional,” katanya.

Baca Juga :  PT Uni Primacom Bantu Warga Terdampak Banjir 

Menurutnya, penyakit itu ada yang menyerang satu keluarga. Gejala awalnya demam, lemas, hingga sakit kepala. Bahkan, ada anak usia balita yang terjangkir. Jumlah warga yang menderita penyakit itu mencapai puluhan orang. Sejauh ini, kerabatnya tersebut telah ditangani secara medis. Dia berharap Pemkab Kotim segera melakukan pelacakan kasus tersebut.

”Yang pasti, cacar itu bukan seperti cacar biasanya. Banyak sekali di kulit muncul sampai telapak tangan,” ujarnya.

Melansir laman website Kementerian Kesehatan, cacar monyet jadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merebak dari negara nonendemis. Penyakit tersebut meluas sampai ke belasan negara, yaitu regional Eropa, Amerika, dan Western Pacific. Hal tersebut membuat pemangku kebijakan di bidang kesehatan di seluruh dunia waspada.

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis langka yang disebabkan infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.



Pos terkait