4 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

kemangi
Manfaat dari Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh./ Sumber foto: freepik.com

Radarsampit.com – Daun kemangi merupakan tumbuhan aromatik yang sering digunakan sebagai campuran masakan, daun ini memiliki rasa sedikit pahit. Diketahui juga bahwa daun kemangi ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam daun kemangi, seperti protein, kalsium, kalium, magnesium, vitamin C, zat besi, vitamin A, dan kandungan nutrisi lainnya.

Bacaan Lainnya

Berikut ini merupakan lima manfaat dari daun kemangi yang baik untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari alodokter dan halodoc pada Sabtu (18/5/2024).

1.Mengatasi jerawat

Manfaat pertama dari daun kemangi, yaitu dapat mengatasi jerawat. Hal ini karena daun kemangi mengandung sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, daun kemangi juga dapat melawan infeksi dan dapat mempercepat penyembuhan luka, sehingga daun kemangi dapat menghilangkan bekas jerawat.

2.Menjaga sistem pencernaan

Selanjutnya, yaitu dapat menjaga sistem pencernaan yang ada di tubuh. Tak hanya itu saja daun kemangi juga dapat menurunkan kadar asam lambung dan dapat meningkatkan lapisan lendir yang dapat melindungi dinding lambung.
Untuk itu, kamu dapat konsumsi daun kemangi agar dapat mencegah kamu dari masalah pencernaan, seperti diare, disentri, hingga mual.

Baca Juga :  Gegara Hadiri Acara Internal Gerindra, Kader PKB Kotim Ini Disoal

3.Mengatasi sistem peradangan

Kamu dapat mengkonsumsi daun kemangi untuk mengatasi sistem peradangan karena daun ini mengandung sifat antiinflamasi yang baik untuk tubuh.

Daun kemangi juga mengandung eugenol, citronellol, dan linalool yang dapat membantu menurunkan peradangan yang ada di dalam tubuh.
Selain itu, daun kemangi memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan radang usus. Kamu dapat konsumsi daun kemangi secara rutin agar dapat mengatasi peradangan yang ada di tubuh.

4.Melawan radikal bebas

Manfaat daun kemangi lainnya, yaitu dapat melawan radikal bebas karena mengandung antioksidan alami yang baik untuk tubuh.
Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun kemangi dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat terkena paparan radikal bebas.



Pos terkait