Amankan Nataru di Sampit, Polres Kotim Libatkan Unit K-9

unit K9
ILUSTRASI Pasukan K9. Wildan Ibnu Walid/Dok. JawaPos.com

SAMPIT, radarsampit.com – Polisi mengerahkan Unit Anjing Pelacak (K-9) dalam operasi sterilitasi sejumlah kawasan di Kota Sampit, Kotawaringin Timur, membantu melakukan pengamanan selama Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kasat Samapta Polres Kotawaringin Timur (Kotim) AKP Agung Budi Santoso mengatakan, K-9 yang didatangkan dari Polda Kalteng ini juga disiagakan di Kawasan Pelabuhan Sampit untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang seperti bahan peledak, narkotika serta melacak niat seseorang yang ingin melakukan kejahatan.

Bacaan Lainnya

”Keberadaan Unit K-9 ini sudah hadir sejak memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru. Mereka disiagakan di pelabuhan serta titik-titik rawan lainnya,” kata Agung, Jumat (29/12/2023).

Diketahui, Unit K-9 telah dilibatkan untuk menemani Kepolisian yang bertugas. K-9 ditugaskan untuk memastikan tidak ada barang-barang berbahaya yang masuk di wilayah Kotim. ”Anjing ini telah terlatih dan terdidik untuk melacak barang-barang berbahaya,” tambahnya.

Baca Juga :  NAH LHO!!! Ada Belasan Pengaduan terkait THR, Kotim Tertinggi

Agung menerangkan, kalau nantinya ditemukan barang berbahaya, maka K-9 akan menggonggong di sekitar area bahan terlarang. ”K-9 juga akan menyerang apabila ada seseorang yang ingin berbuat aksi kejahatan. Unit K-9 ini akan terus dilibatkan selama operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru,” tutupnya. (sir/fm)

 



Pos terkait