Anggaran Miliaran Terkuras, Porprov Kalteng Belum Jelas

ilustrasi porprov
Ilustrasi Porprov.

SAMPIT, radarsampit.com – Sampai Juni ini, pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng belum juga ada kejelasan. Padahal, Pemkab Kotim sudah jor-joran menggelontorkan anggaran persiapan yang menguras APBD hingga miliaran rupiah.

”Tanggal mainnya kapan, entah diundur atau ditunda itu belum jelas. Yang pasti, kapan pun itu dilaksanakan, Pemkab Kotim siap menjadi tuan rumah,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotim Wim Reinardt Kalawa Benung.

Bacaan Lainnya
Gowes

Menurut Wim, kesiapan tersebut dibuktikan dengan perbaikan sarana olahraga yang terus dipacu sejak tahun lalu. Sebagian perbaikan tersebut telah selesai. Semua pekerjaan ditargetkan selesai sebelum perhelatan Porprov bulan ini juga.

Wim menuturkan, Porprov Kalteng 2023 akan diikuti 28 cabang olahraga dan satu cabang olahraga ekshibisi; korfball (bola tangan). Dari 28 lokasi cabor, anggaran yang sudah dikucurkan mencapai miliaran rupiah untuk pembenahan (lihat infografis).

Baca Juga :  Bongkar Warisan Proyek Mercusuar, Bundaran Tidar Buang-Buang Anggaran Penataan Kota

”Pembenahan GOR Habaring Hurung mulai dari perbaikan atap, pembangunan toilet, ruang VIP termasuk pengadaan sofa sudah dikerjakan tahun lalu. Minggu kemarin sudah diselesaikan pemasangan keramik,” ujarnya.

Wim melanjutkan, ring tinju dibeli dengan anggaran sebesar Rp205 telah didatangkan Kamis (1/6) pagi. Untuk sementara ditempatkan di Gedung Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Jalan Jenderal Sudirman Sampit.

”Sudah dipasang dan ditempatkan di Gedung PPLP. Untuk fondasi juga sudah selesai dibangun dan dinding panjat tebing di halaman depan Gedung Voli Indoor depan Stadion 29 November juga sudah selesai dirakit beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Bupati Kotim Halikinnor sebelumnya menyatakan kesiapannya menghadap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk meminta petunjuk kepastian pelaksanaan Porprov Kalteng. Dia optimistis hajat olahraga itu akan tetap digelar.

”Insya Allah saya menghadap gubernur, minta petunjuk tentang kegiatan Porprov, tapi insya Allah Porprov dilaksanakan,” ujarnya Halikinnor, 23 Mei lalu. Akan tetapi, hingga kini belum ada kabar kepastian digelarnya kegiatan akbar insan olahraga Kalteng itu. (hgn/ign)



Pos terkait