Angka Kecelakaan Naik 25 Persen di Kapuas

apel operasi zebra
PASANG PITA : Wakapolres Kapuas Kompol Asdini Pratama Putra memasangkan pita kepada personel yang terlibat Operasi Zebra Telabang 2023. (ALEXANDER/RADAR SAMPIT)

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – Kepolisian Resor (Polres) Kapuas menggelar Operasi Zebra Telabang selama 14 hari mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023 untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Pola penindakan Operasi Zebra sama seperti pelaksanaan Operasi Patuh yang lalu. Namun, Operasi Zebra ini lebih ke arah penegakan hukum dan untuk membangun keteraturan dan keterlibatan masyarakat di jalan agar tingkat kecelakaan bisa ditekan.

Bacaan Lainnya

“Saat ini sudah memasuki rangkaian kegiatan tahap Pemilu, meningkatnya mobilisasi baik dari peserta Pemilu maupun masyarakat umum, oleh sebab itu dibutuhkan suatu pemahaman yang baik, khususnya pada saat masyarakat melaksanakan mobilisasi di jalan raya yang rawan kecelakaan,” kata Wakapolres Kapuas Kompol Asdini Pratama Putra saat memimpin apel gelar pasukan.

Asdini menyampaikan dari data karakteristik pengguna jalan di wilayah hukum Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), bahwa dari Januari sampai Agustus 2023 terdapat sebanyak 758 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia 275 orang, luka berat 118 orang, luka ringan 806 orang.

Baca Juga :  Anggota Kodim 1011/Klk Diminta Hindari Judi Online

“Dibandingkan pada tahun 2022 sampai dengan Agustus, sebanyak 604 kejadian. Astinya di tahun 2023 ini terjadi kenaikan jumlah laka lantas sebesar 154 kasus atau naik 25 persen,” pungkasnya. (der/fm)



Pos terkait