Anjing Belum Dikandangkan, Empat Orang Dapat Peringatan

binatan peliharaan lamandau
PERINGATAN: Pemilik anjing yang kedapatan belum mengandankan hewan peliharaannya mendapat sanksi teguran tertulis. Bila tetap melanggar bisa terkena sanksi denda hingga kurungan penjara. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

NANGA BULIK– Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lamandau laksanakan penindakan kepada empat warga yang belum mengandangkan hewan peliharaannya di kawasan RT 12 dan RT 13 Kelurahan Nanga Bulik, Sabtu (2/10).

Hal ini sesuai Perda Nomor 04 Tahun 2016 tentang Keamanan dan Ketertiban Umum. Pada Pasal 18 Ayat (1) menyebutkan bahwa setiap pemilik binatang peliharaan wajib menjaga hewan peliharaannya agar tidak berkeliaran di lingkungan pemukiman dan tempat-tempat umum.

“Ada 11 pemilik, diantaranya 7 pemilik, anjingnya sudah dirantai dan dikandangkan dalam pagar dan ada 4 pemilik yang anjingnya masih berkeliaran di lingkungan pemukiman dan tempat-tempat umum,” tutur Kasatpol PP dan Damkar, Triadi.

Akhirnya empat orang tersebut diberi sanksi peringatan. Dibuat berita acara pelanggaran dan diberikan sanksi teguran tertulis serta surat pernyataan bahwa dalam jangka waktu 14 hari harus membuat kandang, diikat, dibuat pagar. “Nanti akan kita evaluasi kembali, jika tidak dilaksanakan maka diberikan sanksi selanjutnya. Seperti denda atau kurungan sebagaimana sanksi dalam tindak pidana ringan,” tegasnya.

Baca Juga :  Sarankan Penggunaan Dua Masker Sekaligus

Seperti diketahui bahwa di Kota Nanga Bulik saja, berdasarkan hasil pendataan  jumlah pemilik hewan peliharaan sebanyak 153 KK dan 282 ekor anjing. Hewan peliharaan dan liar yang berkeliaran di pemukiman dan fasilitas umum dapat mengganggu keamanan dan ketertiban umum. Bahkan, beberapa kali terjadi kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan yang menabrak atau menghindari hewan di jalan seperti anjing dan kucing. (mex/sla)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *