Bahayakan Pengguna Jalan, Tumpukan Pasir di HM Rafii Dibersihkan

BERSIHKAN PASIR
CEGAH LAKA: Petugas membersihkan pasir di Jalan HM Rafii, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (14/11/2023)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membersihkan timbunan pasir di beberapa titik Jalan HM Rafii. Timbunan pasir yang nyaris hingga ke bahu jalan tersebut dinilai rawan kecelakaan.

Kalaksa BPBD Kobar Syahruni mengatakan, sebelum ini sejumlah personel BPBD telah beberapa kali membersihkan pasir-pasir yang diduga terbawa oleh air saat hujan deras turun. “Bukan hanya membersihkan pasir dengan air bertekanan tinggi dari water suplai, tetapi personel juga membersihkan gotong yang tersumbat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, keberadaan pasir di bahu jalan dapat menyebabkan pengendara roda dua tergelincir. Selain di Jalan HM Rafii, timbunan pasir putih tersebut juga ada di sejumlah ruas jalan lainnya, terparah di Jalan Ahmad Wongso. “Kita inventarisasi dulu dimana saja titik-titik yang harus dibersihkan, sementara ini yang sudah terpantau di Jalan Ahmad Wongso,” bebernya.

Baca Juga :  PT.BGA Serahkan 500 Bibit Pohon Bungur

Ia berharap, pengguna lalulintas dapat berhati-hati ketika melintas di jalan yang ada material pasir, terutama di tikungan jalan karena sangat berbahaya.

Dalam waktu dekat ini personel BPBD akan melakukan kegiatan yang sama di ruas-ruas jalan yang terdapat material pasir, dengan dibersihkannya material pasir maka masyarakat dapat melintas dengan aman dan nyaman. “Air hujan dari jalan yang tinggi membawa material pasir, lama kelamaan volumenya semakin banyak dan membahayakan,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait