Balap Liar dan Knalpot Brong Jadi Target Operasi Keselamatan Telabang 2024

operasi
APEL:  Gelar pasukan Operasi Keselamatan Telabang 2024 di lapangan Satlantas Polres Kobar, Senin (4/3/2024). (SULISTYO/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Polres Kotawaringin Barat bakal melaksanakan Operasi Keselamatan Telabang 2024. Operasi yang bakal digelar selama 14 hari itu memiliki tujuh target utama, diantaranya truk over dimension over loading (ODOL) dan balapan liar.

Dimulainya Operasi Keselamatan Telabang ditandai dengan apel gelar pasukan  yang dipimpin oleh Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman, Senin 4 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Yusfandi Usman menegaskan, kepolisian akan memprioritaskan penindakan terhadap aksi balapan liar dan pengguna knalpot brong.

“Menjadi perhatian kami adalah penggunaan knalpot brong serta balapan liar yang sering dilakukan pada bulan Ramadan,” tegasnya.

Operasi yang akan dilaksanakan secara mobile tersebut akan mendatangi titik-titik tempat berkumpulnya pelaku balapan liar. Bersama Kodim 1014/PBN, polisi akan melakukan penindakan dan pembubaran balapan liar.

Terkait dengan maraknya truk ODOL yang melintas di dalam Kota Pangkalan Bun, Polres Kobar akan menggandeng dishub untuk melakukan penindakan.

Baca Juga :  Motor Dibawa Kabur saat Test Drive, Warga Baamang Lapor Polisi

“Kita akan lakukan penindakan terhadap angkutan yang melebihi dimensi atau melebihi tonase, termasuk yang di Jembatan Sungai Arut, Jalan Kotawaringin Lama,” tegasnya.

Petugas akan menargetkan beberapa pelanggaran seperti pengemudi kendaraan di bawah umur, pengendara roda dua berboncengan lebih dari satu orang, tidak mengenakan helm dan safety belt, mengemudikan dalam pengaruh alkohol, melawan arus dan kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

“Dengan kegiatan ini angka pelanggaran lalulintas dapat menurun dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas,” pungkasnya (tyo/yit)

 



Pos terkait