Barak 12 Pintu Beserta Isinya Langsung Ludes

barak terbakar
KEBAKARAN: Barak 12 pintu di Jalan GM Arsyad, Kelurahan Baru, Kecamatan Arsel, Kabupaten Kotawaringin Barat, terbakar pada Jumat (17/3) pukul 13.30 WIB. (IST/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Warga di kawasan eks Pasar Tembaga Indah, RT 16, Jalan GM Arsyad, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, panik saat api berkobar di permukiman padat penduduk, Jumat (17/3) pukul 13.30 WIB.

Lokasi kebakaran yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari pertokoan. Warga pun berteriak histeris meminta pertolongan.

Bacaan Lainnya

Belum diketahui penyebab kebakaran barak milik Sarmini itu. Sebelum api berkobar dan asap hitam membubung tinggi ke angkasa, warga mendengar ledakan keras dari barak bermaterial kayu itu.

Kabid Pemadam Penyelamatan dan Sapras Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat Agus Dwi Suhartono mengatakan,  barak 12 pintu habis terbakar.

“Barang-barang penghuni barak tidak ada yang diselamatkan, selain bangunan yang nyaris rata dengan tanah, juga terdapat tiga unit sepeda motor yang hangus terbakar,” terangnya.

Baca Juga :  Waspada! Ratusan Warga Kobar Terserang DBD hingga Akhir November Ini

Damkar Kotawaringin Barat mengerahkan dua unit fire dome dan enam unit water suplai. Selain itu juga ada dukungan dua unit water suplai dari BPBD Kobar serta personel Balakar Huma Singgah Itah dan Redkar Kelurahan Baru.

Kencangnya angin serta material bangunan yang hampir seluruhnya terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar. Tidak sampai satu jam api menghanguskan seluruh badan bangunan.

Pemadam kebakaran berhasil melokalisir api sehingga tidak menyentuh bangunan di sekitarnya. Agar api tidak kembali menyala, personel pemadam kebakaran melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam.

“Penyebab masih dalam penyelidikan kepolisian, sementara kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” pungkasnya. (tyo/yit)



Pos terkait