Belajar Cara Kerja Media Massa, Puluhan Murid SDS Eka Tjipta Seranau Kunjungi Radar Sampit 

KUNJUNGAN SDS EKA TJIPTA
KUNJUNGAN : Kunjungan SDS Eka Tjipta Seranau ke Kantor Radar Sampit di Jalan MT Haryono, Sampit, Sabtu (25/5) siang. (HENY/RADARSAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Era digitalisasi yang semakin berkembang maju memudahkan masyarakat Indonesia mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa mendapatkan informasi dengan cepat.

Kebanyakan masyarakat memiliki telepon genggam yang dapat mengakses banyak informasi. Kemudahan akses mendapatkan informasi melalui handphone bisa memperkaya wawasan melalui berbagai informasi yang dibaca. Namun, tak semua informasi benar.

Ada informasi yang justru menyesatkan, membingungkan, bahkan berita bohong atau hoax. Hal inilah yang menginisiatif Kepala Sekolah Dasar Swasta (SDS) Eka Tjipta Seranau Kusnadi untuk mengajak murid-muridnya melakukan study tour berkunjung ke Kantor Surat Kabar Harian Radar Sampit.

“Kami para guru mengajak anak-anak didik kami berkunjung ke Surat Kabar Harian Radar Sampit agar mereka mengetahui, bagaimana cara mencari, menulis, mengolah berita hingga dipublikasikan. sekarang dunia digitalisasi begitu pesat, informasi mudah didapatkan di media sosial. Karena itu, kami mengajak mereka ke sini supaya mereka jangan mudah percaya langsung dengan informasi yang tidak jelas sumbernya,” kata Kusnadi, Kepala SDS Eka Tjipta Seranau, Sabtu (25/5/2024).

Baca Juga :  Kebijakan Pemerintah Bisa Bikin Permintaan Layanan Vaksinasi Booster Melonjak

Menurutnya, penting bagi anak-anak mulai dari jenjang pendidikan SD untuk dikenalkan dengan pendidikan dunia jurnalistik.

“Pembelajaran itu akan lebih baik dikenalkan sejak usia dini mulai dari anak-anak SD seperti mereka, agar itu membekas dalam ingatan mereka hingga dewasa nanti. Yang kami ketahui, Radar Sampit media besar yang dalam setiap informasi yang dipublikasikan tercantum jelas narasumbernya, bukan berita yang sembarang dipublikasikan tanpa informasi yang jelas,” ujarnya.

Kusnadi berharap 25 murid kelas 6 SD yang berkesempatan mengikuti study tour kunjungan ke Kantor Radar Sampit di Jalan MT Haryono, dapat mengetahui secara umum tentang tata cara kerja di media cetak, mulai dari proses mencari informasi, mengolah dan menulis berita hingga proses cetak.

“Kami berharap setelah dari sini mereka tertarik untuk mengembangkan minat dan bakatnya, ketika dewasa nanti siapa tahu berminat bekerja di bidang jurnalistik,” katanya.



Pos terkait