Berputar Belasan Kali Di Langit Pangkalan Bun, Pesawat Kalibrasi Bikin Panik Warga

kalibrasi
KALIBRASI: Pesawat kalibrasi untuk mengecek PAPI berputar belasan kali di langit Kota Pangkalan Bun, Selasa (9/8). (Sulistyo/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Warga Kota Pangkalan Bun panik dan khawatir saat melihat pesawat yang berputar belasan kali di langit Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (9/8).

Mereka menduga pesawat kecil tersebut tidak bisa mendarat lantaran mengalami kendala teknis saat akan mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Bacaan Lainnya

Kekhawatiran warga cukup beralasan, karena pesawat tersebut terbang rendah dan terlihat jelas dari tepi Sungai Arut yang melintasi Kota Pangkalan Bun.

Salah seorang warga Kelurahan Raja, Udin bahkan menghitung pesawat tersebut lebih dari 12 kali berputar-putar. Ia khawatir pesawat tersebut akan jatuh di kawasan permukiman.

“Belasan kali berputar, mungkin ada kendala teknis atau tidak bisa melihat landasan karena cuaca, kalau habis bahan bakarnya bahaya,” ujarnya.

Warga lainnya Pendi juga merasa khawatir, karena pesawat tersebut terus berputar-putar, sementara mereka tidak mengetahui mengapa pesawat tersebut tidak segera mendarat di bandara. “Dari tadi terus berputar, apa karena cuaca tapi saat ini langit cerah,” katanya.

Baca Juga :  Lelaki Setengah Baya Digelandang ke Penjara

Saat dikonfirmasi Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Zuber menjelaskan bahwa pesawat tersebut merupakan pesawat kalibrasi peralatan Precision Approach Path Indicator (PAPI).

“Pesawat kalibrasi peralatan PAPI Bandara Iskandar yang sedang mengecek peralatan lampu PAPI,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, PAPI adalah lampu alat bantu visual yang memberikan informasi panduan untuk membantu pilot dalam mempertahankan posisi pesawat dengan pendekatan yang benar (dalam dimensi vertikal) ke touch down point di run way ketika melakukan pendaratan. (tyo/sla)

Pos terkait