Burung Camar Migrasi ke Pantai Teluk Bogam Kumai

burung
BURUNG CAMAR : Pantai Teluk Bogam Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi tempat persinggahan migrasi ribuan burung camar, Rabu (1/11/2023). (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pergantian musim, ribuan burung camar bermigrasi dan berkumpul di Pantai Teluk Bogam, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Masyarakat setempat menduga burung tersebut datang di Bogam lantaran di pantai terdapat banyak sumber pakan mereka.

Bacaan Lainnya

Keberadaan burung camar di pantai tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar dan wisatawan domestik, karena menjadi fenomena langka yang belum tentu setahun sekali dapat dilihat.

Salah seorang pengunjung wisata Pantai Teluk Bogam, Rusliansyah menyampaikan bahwa jikalau keberadaan migrasi burung camar tersebut dapat disaksikan setiap tahun dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan selain pemandangan pantai yang memang indah.

“Sayangnya momen ini tidak mesti setiap tahun dapat disaksikan, ini fenomena langka yang jarang kita lihat,” terangnya, Rabu (1/11/2023).

Nelayan Desa Teluk Bogam, Abdul Muin menjelaskan, Pantai Teluk Bogam menjadi salah satu tempat persinggahan migrasi burung camar mengingat pantai teluk Bogam seperti udang dan ikan kecil yang ada di pantai menjadi makanan burung camar.

Baca Juga :  Siang Bolong, Satu Rumah di Kumai Jadi Arang

Menurutnya tepi pantai saat pagi hari dipenuhi dengan burung Camar, pemandangan berlangsung hingga siang hari, burung-burung sudah berada di pantai tersebut sejak sepekan terakhir.

“Saat ini cuaca dilaut sedang tidak bersahabat, dan warga yang mencari tambahan dengan mencari kerang di pantai juga bermain dengan burung camar,” pungkasnya. (tyo/fm)

 



Pos terkait