Calon Jemaah Haji Mulai Terbang 12 Mei, Kemenag Upayakan Tak Ada Kursi Kosong

Garuda Layani 9 Embarkasi, Saudia Airlines 5

jawa pos jemaah haji
Ilustrasi Jemaah haji di Masjidilharam. (Naufal Widi/Jawa Pos)

JAKARTA, radarsampit.com – Kurang dari sebulan, misi pemberangkatan jemaah haji 2024 dimulai. Rencananya, calon jemaah haji (CJH) mulai terbang ke Tanah Suci pada 12 Mei.

Saat ini Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyusun jadwal penerbangan.

Bacaan Lainnya

Jadwal penerbangan untuk maskapai Garuda Indonesia sudah selesai disusun. Tahun ini maskapai pelat merah itu mendapatkan tugas menerbangkan jemaah dari sembilan embarkasi.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab mengatakan, penyusunan jadwal penerbangan haji sangat penting.

”Penyusunan jadwal penerbangan ini terkait juga dengan proses penyusunan kloter, alokasi penempatan hotel di Saudi,” jelasnya Sabtu (20/4/2024).

Selain itu, terkait pula dengan penyediaan transportasi darat jemaah di Saudi serta urusan pengajuan visa jemaah haji.

Saiful menekankan kepada kepala bidang penyelenggaraan haji dan umrah kanwil Kemenag provinsi untuk memaksimalkan kursi kosong di masing-masing kloter.

Dengan pengaturan yang optimal, diharapkan tidak ada kursi kosong (open seat) dalam setiap kloter. Setiap tahun, kata Saiful, Kemenag selalu berupaya menekan adanya open seat atau kursi yang tidak terisi.

Baca Juga :  5 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Menggunakan Asuransi

”Instruksi menteri agama tahun ini agar open seat dapat ditekan seminimal mungkin,” katanya.

Ketika ada open seat, misalnya karena jemaah wafat atau berhalangan tetap, langsung diisi jemaah cadangan yang sudah melunasi biaya haji.

Pengaturan formasi duduk juga harus mempertimbangkan jemaah lansia dan disabilitas.

Khususnya bagi jemaah yang membutuhkan kursi roda. Dengan demikian, sudah bisa dipetakan sejak awal keberadaan jemaah yang membutuhkan kursi roda.

Sementara itu, Kepala Subdit Transportasi dan Perlindungan Jemaah Haji Reguler Kemenag Noer Alya Fitra menuturkan, tahun ini maskapai Garuda melayani 109.072 jemaah dari sembilan kloter.

Yakni, embarkasi Aceh, Medan, Padang, Jakarta Pondok Gede, dan Solo. Kemudian, embarkasi Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Kemudian, Saudia Airlines melayani 106.993 jemaah dari lima embarkasi. Perinciannya, embarkasi Batam, Palembang, Jakarta Pondok Gede dan Bekasi, Kertajati, serta Surabaya.



Pos terkait