Dana BOS di Kotawaringin Barat Mencapai Rp 34 Miliar

untuk Jenjang SD dan SMP Sederajat

dana bos
Ilustrasi Dana BOS (jawa pos)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada tahun 2023 menerima Dana Bantuan Sekolah (BOS) sebesar Rp 34.265.956.028. Anggaran tersebut digelontorkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Dana itu untuk satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat maupun setingkat SMP sederajat, baik sekolah yang dikelola oleh swasta maupun pemerintah.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kobar Jamri mengatakan, total dana BOS yang diterima sebesar Rp34.265.956.028 itu untuk satuan pendidikan tingkat SD negeri maupun swasta sebesar Rp23.112.823.396 dan tingkat SMP baik negeri dan swasta sebesar Rp11.153. 132.632.

“Dana BOS disalurkan ke rekening masing-masing sekolah, besaran dana BOS sesuai dengan jumlah peserta didik yang terdaftar di sekolah tersebut. Untuk sekolah tingkat SD, baik negeri dan swasta se-Kobar berjumlah 198, dan tingkat SMP negeri dan swasta berjumlah 78,” terangnya.

Baca Juga :  Mengaku Tobat, Residivis Sabu Pangkalan Bun Ini Kembali Masuk Bui

Besaran dana BOS yang diterima oleh masing-masing sekolah berbeda-beda, tergantung jumlah peserta didik. Untuk SD, setiap siswa menerima Rp900 ribu dan SMP Rp 1,1 juta per siswa per tahun. Aturan penggunaan dana BOS sudah tertuang dalam petunjuk teknis, dan pengelola dana BOS tidak boleh keluar dari petunjuk teknis.

“Sekolah yang akan melakukan belanja keperluan sekolah dengan dan BOS harus melalui aplikasi sistem informasi pengadaan sekolah, serta melalui musyawarah komite sekolah,” bebernya.

Untuk pengawasan penggunaan dana BOS agar tidak terjadi penyimpangan, disdikbud menggandeng inspektorat yang secara rutin melakukan pemeriksaan ke sekolah penerima dana BOS.

“BPK juga sering melakukan pemeriksaan penyaluran dana BOS yang disalurkan dua kali yaitu semester I dan II, sementara penggunaan dana BOS per triwulan,” pungkasnya. (tyo/yit)



Pos terkait