Datangkan Dosen Politeknik Imigrasi, Mahasiswa STIH Sampit Dikenalkan Tugas Keimigrasian

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Gelar Sosialisasi Pengenalan Orang Asing

FOTO-BERITA-SOCIETY-KANTOR-IMIGRASI-KELAS-II-SAMPIT
SOSIALISASI: Dosen Politeknik Imigrasi Surya Pranata saat memberikan materi tentang keimigrasian kepada puluhan mahasiswa STIH Sampit, Rabu (29/6). (HENY/RADAR SAMPIT)

Pada tahun 2021 lalu, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit berupaya menciptakan 17 inovasi  dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, efektif dan efesien.

Tiga diantaranya layanan Tabe Salamat yakni pelayanan datang berkunjung sekaligus melaksanakan pelayanan izin tinggal, layanan karsa mandau (Kantor Imigrasi Sampit Melayani Anda Dimanapun) dalam hal pelayanan pembuatan paspor dan  layanan drive thru khusus untuk pemohon yang mengambil berkas paspor..

“Kami berikan pilihan bisa melalui cara konvensional atau melalui layanan drive thru. Proses pembuatan paspor paling lambat selesai dalam kurun waktu tiga hari, asalkan semua berkas pemohon dan persyaratannya lengkap,” ujarnya.

Dosen Politeknik Imigrasi Surya Pranata mengatakan kantor imigrasi tidak hanya memberikan pelayanan penerbitan paspor namun juga melakukan pengawasan orang asing. Setiap WNI wajib memiliki izin yang terdiri atas izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap yang diterbitkan kantor imigrasi setempat sesuai dengan keperluan masing-masing pemohon.

“Kantor Imigrasi tugasnya tidak hanya melayani pembuatan paspor tetapi juga melakukan fungsi pengawasan dan penindakaan kemigrasian (Wasdakim) dengan melakukan pemantauan terhadap pelanggaran perizinan kemigrasian dan melakukan kerjasama antar instansi dibidang pengawasan orang asing,” kata Surya Pranata.

Baca Juga :  Ingat!!! Tak Perlu Ada Acara Perpisahan Sekolah 

Berdasarkan data orang asing yang tercatat di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Sampit tercatat ada 285 orang asing yang bekerja tersebar di 42 perusahaan sebanyak 272 orang dan 13 orang asing lainnya dari perseorangan.

Pos terkait