Dayung Kalteng Sumbang Emas Lagi, Siapkan Program Latihan Jangka Panjang

EMAS LAGI: Medali emas kedua untuk Kalteng dari cabor dayung diperoleh pada babak final jarak 200 meter mix tim 22 kru nomor perahu naga, Rabu (13/10). (IST/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYAAtlet cabang olahraga dayung Kalimantan Tengah kembali mengharumkan Bumi Tambun Bungai. Tim tersebut berhasil merebut medali emas pada babak final jarak 200 meter mix tim dengan 22 kru nomor perahu naga, Rabu (13/10).

Selain Dayung, di hari yang sama cabor catur juga menambah medali, satu perak dan satu perunggu. Penambahan medali itu membuat peringkat Kalteng lebih baik dibanding event yang sama sebelumnya, yakni dari 26 menjadi 24 pada klasemen sementara dengan total 13 medali. Rinciannya, 2 emas, 6 perak, dan 5 perunggu.

Bacaan Lainnya

”Emas kedua ini sangat luar biasa, karena mendongkrak peringkat Kalteng pada PON XIX Jabar 2016, dari peringkat 26 menjadi 24 pada PON XX Papua 2021,” kata Wakil Ketua II Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah Marcus S Tuwan.

Markus menuturkan, raihan itu diperoleh dengan alokasi anggaran yang sangat berbeda jauh akibat pandemi Covid-19. Semua medali yang diraih Kalteng kemarin merupakan perjuangan terakhir semua kontingen, karena semua cabor yang diikuti Kalteng telah menyelesaikan pertandingan.

Sementara itu, Ketua Satgas sekaligus Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng Christian Sancho mengapresiasi capaian yang diraih kontingen Kalteng. Khusus cabor catur, tim Kalteng pada kategori catur standar, beregu putra mempersembahkan medali perak dan kategori perorangan putri medali perunggu.

”Jadi, total medali yang bisa dipersembahkan tim catur Kalteng sebanyak tiga medali. Satu perak dan dua perunggu,” ujarnya.

Raihan itu diperoleh dari, pemain beregu putra yang terdiri dari IM Ivan Situru, MN Imat Suhermat, MN Gelar Segara, dan MN Surya Wahyudi. Untuk pecatur perorangan putri, perunggu diraih WFM Regita Desyari Putri.

Sementara itu, pelatih cabor dayung Kalteng Silo dan Gandie mengaku bangga karena dari 18 nomor lomba yang diikuti Kalteng, sukses meraih dua medali emas dan empat perak.

”Hasil ini sesuai target kami, yakni pada nomor mix tim yang diharapkan dapat mendulang medali emas. Itu terbukti. Apalagi mengalahkan Jawa Barat yang mendominasi medali sejak awal,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *