Jaga Keandalan Pasokan Listrik ke Pelanggan, PLN Gelar GAES Series III Se Kalselteng

pln 1
Pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur kelistrikan lainnya juga dilakukan dalam Gerakan Aksi Eksekusi Serentak series III ini demi menjaga keandalan pasokan listrik ke pelanggan. (Istimewa)

BANJARBARU, radarsampit.com –  Fokus dan upaya PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Seatan dan Kalimantan Tengah (PLN UID Kalselteng) untuk menjaga keandalan pasokan listrik ke pelanggan tak pernah kendor.

Berbagai program baik preventif maupun korektif dijalankan agar jaringan listrik selalu dalam kondisi prima saat menyalurkan setrum ke masyarakat.

Bacaan Lainnya

Setelah luncurkan program Pemeliharaan Gardu Tanpa Padam sepekan lalu, kali ini PLN UID Kalselteng menggelar kegiatan Gerakan Aksi Eksekusi Serentak (GAES) untuk yang ketiga kalinya selama 2024.

pln 2
Gerakan Aksi Eksekusi Serentak (GAES) Series III berlangsung di seluruh unit kerja PLN se Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah sejak tanggal 7 hingga 17 Mei 2024, salah satunya di PLN UP3 Pangkalan Bun yang dipimpin langsung oleh Manager UP3 pada Rabu (8/5/2024). (Istimewa)

Kegiatan ini tengah berlangsung di seluruh unit kerja PLN se Kalsel dan Kalteng sejak tanggal 7 hingga 17 Mei 2024 mendatang.

“Kenyamanan dan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan merupakan prioritas PLN. Kita luncurkan program GAES ini sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya gangguan,” ujar General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin pada Rabu (8/5/2024).

Baca Juga :  Ganjar Lepas Kepergian Seniman Ki Bono

Pekerjaan ini juga sebagai persiapan atas perubahan cuaca yang sulit diprediksi, sehingga perlu dilakukan mitigasi lebih awal.

Tak tanggung-tanggung, dalam GAES Series III yang berlangsung selama lebih dari sepekan ini, PLN UID Kalselteng menargetkan sebanyak 24.613 titik Right of Way (ROW).

ROW adalah ruang bebas di sekitar jalur distribusi listrik, dimana kondisi idealnya adalah bersih dari faktor-faktor eksternal yang berpotensi menyentuh atau mendekati instalasi.

Salah satu contohnya adalah pemangkasan dahan dan ranting pohon yang berada di sekitar jaringan listrik atau penebangan jika posisinya sudah mendekati bahkan melewati jarak batas aman.

“Hingga saat ini penyebab utama gangguan adalah dari faktor eksternal seperti pohon, baik yang tumbang maupun akibat sentuhan dahan yang mendekati jaringan,” sambung Joharifin.



Pos terkait