Depo Sampah Pelita Sampit Jebol, Aroma Busuk Menyeruak

DLH Kotim Pastikan Dinding segera Diperbaiki

depo sampah
JEBOL: Dinding  sampah di Jalan Pelita jebol karena diseruduk alat berat, Rabu (3/1/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com   Sebagian dinding bangunan depo sampah di Jalan Pelita berkonstruksi beton, jebol Rabu (3/1/2024) pagi. Hal itu disebabkan dinding itu tak sengaja diseruduk alat berat saat proses pengangkutan sampah. Akibatnya, sebagian tembok pada sisi barat berlubang hingga aroma busuk sampah keluar dari areal depo.

Pantauan Radar Sampit, dinding yang berlubang berada tepat di sudut bangunan sisi sebelah barat. Lubangnya selebar sekitar dua meter dan tinggi sekitar tiga meter. Sebenarnya, bukan sampah yang berserakan yang menjadi persoalan warga setempat dekat depo. Namun, karena dinding bangunan depo itu jebol, aroma sampah tercium lebih menyengat.

Bacaan Lainnya

Sejumlah petugas angkut sampah terlihat masih bekerja dibantu alat berat. Dalam sehari, rata-rata 7-9 rit sampah yang terkumpul di depo, diangkut  menggunakan tiga armada truk milik DLH Kotim menuju ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Jalan Jenderal Sudirman km 14.

Baca Juga :  Rp63,3 Miliar untuk Akomodir 636 Aspirasi Wakil Rakyat Kotim

”Tadi memang ada warga (sisi selatan) belakang depo yang komplain bau sampah, karena dinding depo jebol. Dindingnya jebol juga baru tadi pagi, karena tidak sengaja terkena alat berat saat mengangkut sampah,” kata Rosi, pengawas depo tersebut.

Rosi mengatakan, sampah juga langsung dibersihkan dan tidak sampai merusak dinding warga. Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim Machmoer memastikan dinding depo akan segera ditutup semen dan diperbaiki. ”Segera kami perbaiki secepatnya. Besok akan kami tutup menggunakan semen,” katanya. (hgn/ign)



Pos terkait